Wagub Ria Norsan Buka MTQ XXVIII Kalbar di Sekadau

56

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Wakil Gubernur Kalimantan Barat H. Ria Norsan membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Kalbar ke XXVIII di Kabupaten Sekadau, Rabu (16/9/2020) malam.

Ratusan tamu undangan, baik dari Forkompinda Kalbar maupun Sekadau dan kabupaten lainnya, menghadiri kegiatan pembukaan tersebut. Begitu juga dengan tokoh masyarakat, agama, budaya dan kontingen dari 14 kabupaten / kota di Kalbar.

Sementara pengamanan ekstra dilaksanakan petugas Kepolisian, TNI, Satpol PP, Dishub dan dibantu ormas. Tak ketinggalan juga Gugus Tugas Penanganan Wabah Covid – 19 disiagakan.

Pelaksaan kegiatan diwarnai dengan penerapan protokol kesehatan. Tamu undangan yang memasuki area kegiatan diwajibkan melalui pemeriksaan suhu badan, menggunakan masker dan sarung tangan.

Wagub Kalbar H. Ria Norsan berterimakasih kepada panitia yang telah mempersiapkan segalanya untuk melaksanakan kegiatan MTQ XXVIII. “MTQ bukan hanya sekedar berkembang dari syiar di dunia, namun makna dalam Alquran bisa dipahami dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Wagub Norsan.

Menurut Norsan, MTQ bukan sebatas prestasi, namun lebih jauh bagaimana mengambil nilai-nilai keagamaan dalam kitab suci Alquran, sehingga kehidupan beragama bisa terpupuk dan terjaga dengan baik.

“Jadikanlah MTQ ini menjadi amal dan kehidupan kita sehari-hari,” timpal mantan Bupati Kabupaten Mempawah itu.

Ketua Umum MTQ XXVIII Kalbar, Rupinus, dalam laporannya menjelaskan bahwa tujuan dilaksanakannya MTQ ini adalah untuk meningkatkan nilai seni baca Alquran. “Kemudian meningkatkan bakat seni baca Alquran dalam kehidupan sehari-hari,” kata Rupinus yang juga Bupati Sekadau ini.

Ia mengaku bahwa MTQ XXVIII semula dilaksanakan pada pertengahan tahun ini, namun dikarenakan adanya wabah Covid-19 baru dapat dilaksanakan saat ini.

“Dimulai secara virtual di Pontianak, dan pada hari ini dilaksanakan di Sekadau secara faktual. Semoga pandemi Covid-19 cepat berlalu,” tutup Rupinus.

MTQ ke XXVIII Kalbar di Kabupaten Sekadau mengangkat tema ‘semangat MTQ menyatukan langkah membangun generasi qurani menuju masyarakat Kalbar yang sehat, cerdas, produktif dan inovatif’. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda