Waduh, 30 Tahanan Polresta Palembang Melarikan Diri

391
Ilustrasi.

PALEMBANG, BERITAANDA – Sekitar 30 orang tahanan melarikan diri dari sel tahanan Polresta Palembang, Ahad (5/5/2019) dinihari sekitar pukul 03.00 Wib.

Ke-30 orang tersebut diketahui adalah tahanan narkoba yang berasal dari 3 sel tahanan yang berbeda, yang berada di Mapolresta Palembang.

Dari sel tahanan pertama (1) yang berjumlah 12 orang, dan yang melarikan diri berjumlah 6 orang. Berikut nama-nama tahanan yang melarikan diri:

  1. Hafis Karsim
  2. Bimo Saputra
  3. Syahril
  4. M.Trisno
  5. Wahyu Darmawan
  6. Sumardi

Dari sel tahanan kedua (2) yang berjumlah 12 orang, dan yang melarikan diri berjumlah 12 orang. Berikut nama-nama tahanan yang melarikan diri:

  1. M. Jaim Padli
  2. Agus Subraya
  3. Hendri Rampo
  4. M. Komri
  5. Fahmi
  6. Khomaini
  7. Alvin Febriansyah
  8. Yunas Ramadhan
  9. M. Iki Gunawan
  10. Ardian KW
  11. Zahri
  12. Kgs. Ridwan

Sementara dari sel tahanan yang ketiga (3) yang berjumlah 16 orang, dan yang melarikan diri 12 orang. Berikut nama-nama tahanan yang melarikan diri:

  1. Yadi Firdaus
  2. Rajab Semendawai
  3. Samsul Bahri
  4. Solti Almito
  5. Muryadi
  6. Ahmad Kasturi
  7. M.Hasyim Azhari
  8. Rizal Ishak
  9. Fariansyah
  10. Boy Budiono
  11. Maulana
  12. M. Arif Hidaytullah

Menurut Kepala Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK) Polresta Palembang, IPDA Herison mengatakan, bahwa sekitar pukul 03.00 Wib, dirinya menerima telepon dari Kepala Jaga Tahanan Polresta Palembang AIPTU Suryadi yang memberitahukan bahwa telah terjadi tahanan melarikan diri dari sel tahanan Mapolresta Palembang.

“Setelah mendapat informasi tersebut, saya langsung melakukan pengecekan ke sel tahanan, dan memang benar telah terjadi tahanan melarikan diri,” terangnya.

AIPTU Suryadi selaku kepala jaga tahanan juga menjelaskan, bahwa saat itu dirinya memang sedang melaksanakan tugas piket jaga tahanan bersama Brigadir Aldo Febrianto. “Saat itu saya dan Brigadir Aldo Febrianto memang sedang bertugas jaga tahanan,” jelasnya.

Kemudian, lanjut Suryadi, sekitar pukul 02.50 Wib, dirinya dipanggil oleh salah satu tahanan yang tidak ikut melarikan diri, dan menyampaikan bahwa ada tahanan melarikan diri.

“Setelah mendapatkan keterangan tersebut, saya langsung melakukan pengecekan ke dalam sel tahanan, dan ternyata benar. Satu sel tahanan sudah kosong, sedangkan dua sel tahanan lainnya masih ada tahanannya, namun posisi gembok pintu sel tahanan terkait ditempatnya tapi tidak dalam posisi terkunci,” lanjutnya.

Diketahui, setelah mendapatkan informasi adanya tahanan yang melarikan diri, Kapolresta dan Waka Polresta Palembang berserta PJU Polresta Palembang sekitar pukul 03.15 Wib, tiba di Mapolresta untuk melakukan pengecekan situasi dan keadaan di sel tahanan.

Diperkirakan tahanan melarikan diri dengan cara menjebol terali ventilasi udara yang berada di depan kamar sel tahanan, dan didapati kamera CCTV juga mengalami kerusakan, serta ditemukan 1 buah balok kayu di dalam lorong ruang tahanan yang berasal dari kusen pintu kamar mandi tahanan.

Hingga berita ini diturunkan, pihak Kepolisian Polresta Palembang masih melakukan pencarian dan pengejaran terhadap tahanan yang melarikan diri. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda