Wabup Sergai Resmikan Perpustakaan Desa ‘Cahaya Ilmu’ dan Pantes

161

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Wakil Bupati Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya, SE resmikan perpustakaan desa ‘Cahaya Ilmu’ dan pelayanan administrasi terpadu desa (pantes) di Desa Tanjung Harap Kecamatan Serbajadi, Selasa (28/1/2020).

Wabup mengatakan, Desa Tanjung Harap merupakan satu dari 121 desa yang ikut melaksanakan pesta demokrasi pemilihan kepala desa (pilkades) pada akhir 2019 lalu. Oleh karenanya, mari tetap berdemokrasi dengan tetap menjaga persatuan dan kesatuan.

Terkait dengan prestasinya, Desa Tanjung Harap ini merupakan desa terbaik di Kabupaten Sergai terkait Sistem Informasi Desa (SID) yang sudah dikenal oleh masyarakat luas. Untuk itu, wabup mengajak para kepala desa yang baru agar melakukan inovasi dan kreativitas, sehingga program yang sudah berjalan dengan baik dapat terus ditingkatkan lagi.

“Peresmian perpustakaan desa dan pelayanan administrasi terpadu desa merupakan sebuah inovasi membanggakan serta dapat dikatakan sebuah prestasi di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat. Untuk itu, selaku masyarakat Desa Tanjung Harap, ayo ramaikan perpustakaan yang baru kita resmikan ini. Perpustakaan merupakan ladang ilmu yang sangat penting bagi para generasi muda dan penerus bangsa,” tegas wabup.

Lanjut dia, pada era industri 4.0 saat ini, perkembangan teknologi sangatlah pesat. Untuk memperoleh informasi sangat mudah didapat, apa yang kita inginkan semua dapat kita ketahui dengan mudah, yaitu melalui media sosial. Namun, lanjut wabup, dengan semakin mudahnya semua jenis informasi untuk didapatkan, kita tidak boleh melupakan begitu pentingnya budaya literasi dikalangan generasi penerus bangsa.

Wabup mengimbau kepada seluruh masyarakat maupun sekolah-sekolah yang ada di Desa Tanjung Harap agar membawa anak-anaknya datang ke perpustakaan desa ini. “Mari kita ajarkan kepada anak kita, betapa pentingnya budaya literasi atau budaya baca saat ini,” jelas dia.

Sementara Kepala Desa Tanjung Harap Darmawan mengucapkan terimakasih kepada seluruh undangan yang hadir, terkhusus Wabup Sergai yang telah meresmikan Perpustakaan Desa Cahaya Ilmu dan pelayanan administrasi terpadu desa.

“Kepada seluruh masyarakat, marilah kita ramaikan perpustakaan yang baru diresmikan ini. Mengingat begitu pentingnya budaya membaca di masyarakat,” tegas dia.

Usai dilakukannya peresmian, wabup bersama Camat Serbajadi Kahar Effendi dan Kepala Desa Tanjung Harap Darmawan membaca buku yang tersedia di rak perpustakaan desa. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda