Upacara Bendera dan Pelepasan Satgas Satpamwal Mabes TNI Dan Satwal Mabesal Brigif 4 Mar/BS

923

PESAWARAN-LAMPUNG, BERITAANDA – Brigade Infanteri 4 Marinir/BS (Brigif 4 Mar/BS) melaksanakan upacara bendera serta upacara pelepasan Satgas Satpamwal Mabes TNI dan Satwal Mabesal Brigif 4 Mar/BS di Mako Yonif 9 Marinir, Teluk Pandan, Pesawaran, Lampung, Senin (18/2/2019).

Bertindak selaku inspektur upacara adalah Pasops Brigif 4 Mar/BS Letkol Mar Isna Muhsin Abdilah, SE M.Tr.(Han) dan bertindak selaku komandan upacara Kapten Mar Abdul Kholiq.

Pada kesempatan itu Pasops Brigif 4 Mar/BS saat menyampaikan amanat Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, SE MM mengatakan bahwa, upacara bendera yang diselenggarakan setiap tanggal tujuh belas memiliki arti penting bagi kita semua.

“Di samping untuk memantapkan kualitas pengabdian kita kepada negara dan bangsa, juga sebagai media komunikasi unsur pimpinan kepada satuan-satuan di jajarannya, untuk menyampaikan kebijakan dan petunjuk serta informasi dalam pelaksaan tugas,” jelas dia.

Lanjut dia, pada tahun ini kita telah memasuki tahun politik. TNI AL memiliki peran dan tugas penting untuk mendukung kesuksesan pemilu tahun ini, yaitu dengan menggelar operasi pengamanan pemilu dan menjaga netralitas TNI AL dalam pemilu.

Mengakhiri amanatnya pada upacara bendera, ada tiga penekanan untuk dipedomani dalam pelaksanaan tugas, antara lain pertama, tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, Allah Subhanahu Wa ta’ala, dalam rangka pengabdian kepada bangsa dan negara serta jadikan sapta marga, sumpah prajurit, delapan wajib TNI dan nilai-nilai trisila TNI AL sebagai landasan nllai-nilai keseharian baik di kedinasan maupun di masyarakat.

Kedua, siapkan diri untuk melaksanakan tugas-tugas yang dipercayakan kepada TNI AL dengan mengedepankan kesiapan operasional yang tinggi. Ketiga, jaga dan pelihara soliditas dan sinergitas TNI, Polri, aparat pemerintah lain dan masyarakat luas sehingga stabilitas keamanan nasional tetap terjaga dan pemilu 2019 berjalan dengan sukses.

Selesai melaksanakan upacara bendera, Brigif 4 Mar/BS melanjutkan upacara pelepasan Satgas Satpamwal Mabes TNI dan Satwal Mabesal Brigif 4 Mar/BS tahun 2019.

Adapun Prajurit Brigif 4 Mar/BS yang diberangkatkan dalam Satgas Satpamwal Mabes TNI dan Satwal Mabesal Brigif 4 Mar/BS berjumlah 160 prajurit gabungan dari Yonif 9 Marinir dan Yonif 7 Marinir.

Pasops Brigif 4 Mar/BS selaku Inspektur upacara saat menyampaikan amanat Komandan Brigade Infanteri 4 Marinir/BS Kolonel Marinir Ahmad Fajar, juga mengatakan penugasan yang akan dilaksanakan ini adalah dalam rangka menjaga keamanan objek vital berupa Markas Besar TNI dan TNI AL serta pengawalan pejabat tinggi TNI dan TNI AL.

Danbrigif 4 Mar/BS berharap agar melaksanakan tugas ini dengan sebaik-baiknya, sehingga tidak terjadi hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri maupun satuan.

Danbrigif 4 Mar/BS juga menyampaikan beberapa penekanan yang harus dipedomani oleh seluruh anggota Satgas dalam melaksanakan tugas sebagai berikut. Pertama, tingkatkan kadar keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kedua, penugasan merupakan kepercayaan, kehormatan dan kebanggaan yang selalu didambakan oleh setiap prajurit Korps Marinir, untuk itu laksanakan penugasan ini dengan hati yang mantap, ikhlas dan gembira.

Ketiga, permasalahan keluarga jangan sampai membebani pikiran kalian dalam melaksanakan tugas, percayakan kepada panitia keluarga di satuan untuk membantu menyelesaikan permasalahan. Keempat, tingkatkan kewaspadaan, jangan sampai lengah sedikitpun dan ikuti semua prosedur yang berlaku. Kelima, pelihara dan tingkatkan persatuan dan kesatuan yang solid antar sesama anggota Satgas, sehingga tercipta kebersamaan dalam suasana kerja demi keberhasilan tugas.

Hadir dalam upacara tersebut para Perwira Staf Brigif 4 Mar/Bs, Wadan Satlak jajaran Brigif 4 Mar/BS wilayah Lampung dan seluruh prajurit Brigif 4 Mar/BS.(Katrine)

Bagaimana Menurut Anda