Ukir Sejarah, Pengamat Bendung Abdul Haris Rayakan Hari Jadi Paya Sordang

199
Pengamat Bendung Paya Sordang Abdul Haris Harahap diapit petugas lainnya tampak disuapi kue oleh anggota DPRD Padang Sidempuan Hj. Elliyati, di sela perayaan ulang tahun Bendung Paya Sordang ke-29, Sabtu (30/7).

PADANG SIDEMPUAN-SUMUT, BERITAANDA – Untuk kali pertama sejak dibangun di tahun 1989, dan difungsikan tahun 1993, Bendung Paya Sordang yang pada Sabtu (30/7) genap berusia 29 tahun diperingati hari jadinya.

Torehan sejarah perayaan ulang tahun bendung yang berlokasi di Desa Huta Lombang, Kecamatan Padang Sidempuan Tenggara, Padang Sidempuan, terjadi usai Bendung Paya Sordang dipimpin Abdul Haris Harahap.

Setelah menjabat lebih kurang dua tahun, tangan dingin Abdul Haris Harahap selaku Pengamat Bendung Paya Sordang sukses memoles wajah bendungan menjadi terlihat bersih, indah, sehingga enak dipandang mata.

Maka tak heran, kesuksesan merubah wajah Bendung Paya Sordang setali tiga uang dengan ikrar 10 petugas dipandu Abdul Haris Harahap di sela acara peringatan ulang tahun (hari jadi) Bendung Paya Sordang ke-29.

“Bendung Paya Sordang kompak dan solid. Mengabdi untuk negeri melayani petani,” pekik mereka, yang pada kesehariannya bertugas mengawasi kebersihan, debit, dan pembagian air untuk 4.350 hektate lahan pertanian di wilayah Padang Sidempuan dan Tapanuli Selatan.

Atas upaya itu, Paya Sordang ditetapkan sebagai urutan pertama Bendung Bersih dan Teladan dari 11 bendung yang ada di Sumatera Utara. Bahkan dalam waktu dekat Paya Sordang menjadi perwakilan ke tingkat nasional.

Bendungan di Sungai Batang Angkola ini memiliki 24 pintu air pada saluran kanan dan kiri. Pembagiannya, air di pintu kanan mengaliri jaringan sepanjang 127.617,86 meter dan pada saluran kiri sepanjang 19.584,00 meter.

Areal pertanian yang diairi daerah irigasi Paya Sordang yang berada di bawah naungan BWS Sumatera II Ditjen Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) ini mencakup 100 hektar di Padang Sidempuan dan selebihnya di Tapanuli Selatan.

“Kami yang berjumlah sepuluh orang berbagi tugas. Lima orang menjaga pintu saluran kanan dan empat orang di pintu kiri. Saya sebagai Pengamat bertanggungjawab atas Bendung dan kinerja seluruh petugas,” jelas Haris.

Sebagai pelayan masyarakat khususnya dalam melayani pemenuhan kebutuhan air lahan pertanian, tegas Haris, program swasembada jadi tujuan utama. Mewujudkan itu, berkoordinasi dengan Petani Pemakai Air (P3A) dan Balai Penyuluh Pertanian (BPP) untuk pembahasan pola tanam merupakan langkah yang dilakukan pihaknya.

Terhadap kinerja Petugas Bendung Paya Sordang sejak dipimpin Abdul Haris Harahap, Kepala Unit Pelaksana (UPL) di Paya Sordang Dinas Sumber Daya Air Cipta Karya dan Tata Ruang Pemprov Sumut mengaku salut.

“Harus kita akui, kinerja petugas Bendung Paya Sordang semenjak dipimpin pak Abdul Haris Harahap memiliki komitmen yang tinggi,” ungkap Ahmad Jais Dalimunthe, saat berbicara di acara perayaan ulang tahun tersebut.

Ia berharap, ke depan kerjasama di antara UPL dengan petugas bendung tetap kompak. Selalu berada dalam soliditas dan sinergitas demi pengabdian untuk negeri.

Pengakuan juga datang dari mewakili Kepala Balai dan Kasatker Operasi Pelayanan (OP) BWS Sumatera Utara II Yusuf Harahap. Menilai kesiapsiagaan petugas menjaga kebersihan, keamanan, dan kestabilan air mulai bendung sampai jaringan patut diacungi jempol dan diapresiasi.

“Pola tanam tertib pangan dalam rangka mewujudkan swasembada padi di wilayah Paya Sordang akan dapat terwujud berkat komitmen petugas bendung. Sehingga, target panen padi 8 ton per hektar tercapai,” yakinnya.

Tokoh masyarakat, Mara Maddis Harahap menyinggung bagaimana perubahan drastis kawasan Bendung Paya Sordang saat ini. Jika dulu bendungan banyak sampah, sekarang bersih. Petugasnya membaur dengan warga.

Sementara, Anggota DPRD Padang Sidempuan Elliyati berterimakasih atas dedikasi dan pengabdian seluruh petugas bendung yang telah membantu masyarakat.

“Mewakili DPRD Sidempuan, kami siap bersinergi serta berkolaborasi mensukseskan kinerja petugas Bendung Paya Sordang melayani kebutuhan air masyarakat tani khususnya di Kecamatan Sidempuan Tenggara,” ujarnya.

Senada, Camat Padang Sidempuan Eka Yanti Batubara diwakili Kasubbag Umum Faisal juga berterimakasih ke semua petugas bendung atas kerja keras maupun upaya maksimalnya dalam pemenuhan air lahan pertanian.

Pantauan di lokasi, peringatan HUT ke-29 Bendung Paya Sordang diwarnai dengan pemotongan kue ulang tahun oleh Pengamat Bendung Abdul Haris Nasution dan nasi tumpeng oleh angggota DPRD Kota Padang Sidempuan.

Sebagai wujud syukur dan mengharap keberkahan dari Allah, pihak Bendung Paya Sordang memberi santunan kepada 20 orang lanjut usia yang bermukim di sekitaran bendung dan disaksikan unsur forkopimcam setempat. [Anwar]

Bagaimana Menurut Anda