TP PKK Desa Riding Peduli Lansia, Ini Buktinya

561
TP PKK dan Dasawisma Desa Riding saat memberikan santunan kepada Nyek Kartini di RT 1 Dusun 1, Ahad (10/2/2019).

KAYUAGUNG-OKI, BERITANDA – Salah satu lembaga diakui manfaatnya bagi masyarakat, terutama dalam upaya meningkatkan keberdayaan dan kesejahteraan keluarga adalah gerakan PKK. Karena selama ini telah menjadi mitra pemerintah daerah dalam membangkitkan perekonomian keluarga, mewujudkan keluarga yang sehat, bahagia dan sejahtera.

Oleh karena itu, tidak bisa dipungkiri bahwa peran PKK dalam keluarga amat penting, mengingat melalui keluarga, kita membentuk dasar-dasar karakter manusia terutama karakter dan kepribadian anak-anak kita, generasi penerus bangsa sekaligus kelak menjadi penerima estafet kepemimpinan bangsa.

Bahkan PKK akan dapat menjadi perekat antara fungsi-fungsi kemasyarakatan dan fungsi-fungsi pemerintahan, juga dapat berperan sebagai unsur terdepan yang akan menggalang peran serta masyarakat. Hal inilah coba dilakukan Tim Penggerak PKK Desa Riding Kecamatan Pangkalan Lampam Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Melalui sisi kemanusiaan dan kepedulian sosial antar sesama khususnya para lansia, TP PKK Desa Riding diketuai Hj.Imas Maslihah S.Ag mulai melaksanakan program PKK dan dasawisma peduli lansia yang diinisiasi oleh pokja 1 dan dasawisma desa tersebut.

“Santunan untuk lansia kita berikan pada tiap bulannya berupa sembako hasil jimpitan TP PKK dan Dasawisma Desa Riding. Februari ini baru diberikan bagi lansia berada RT 1 dan RT 2, kemudian akan terus berlanjut ke RT berikutnya,” ungkap Hj.Imas Maslihah S.Ag, Selasa (12/2/2019).

Program ini diharapkan bisa mendorong anggota PKK dan dasawisma untuk berbagi dan peduli sesama khususnya para lansia. Masih katanya, penerima santunan yang telah kita berikan yaitu Nyek Kartini, Jumarsi, Jaurah, Rudap, Serima dan Sariuna.

“Nyek Kartini saat ini memang sedang menderita sakit dan kehidupannya sangat memprihatinkan, tentu sangat berterima kasih sekali atas santunan diberikan, bahkan masyarakat pun merespon positif apa yang kita lakukan dan berharap dapat terus berlanjut,” ujarnya

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Riding Samson Bunyamin mengatakan, bukan seberapa besar nilainya, tetapi bentuk kepeduliannya yang perlu diapresiasi. Oleh karenanya, ia sangat mendukung penuh kegiatan para ibu-ibu PKK dan dasawisma tersebut.

“Dan berharap program ini berlanjut, bahkan pada tahun-tahun berikutnya akan meningkat jumlah atau besaran santunan, sehingga dapat meringankan beban bagi para lansia. Kedepan kita juga akan menyantuni anak yatim yang sekarang sedang kita data jumlahnya,” pungkasnya. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda