Tok! APBD Sekadau 2022 Ditetapkan

25
Penetapan APBD Sekadau tahun 2022 dalam paripurna pemda dan DPRD, Senin (29/11) sore. (BERITAANDA)

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Pemerintah daerah bersama DPRD Sekadau menetapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2022.

Persetujuan legislatif dilaksanakan dalam paripurna pendapat akhir dan pengambilan keputusan, Senin (29/11) sore.

Dari delapan Fraksi di DPRD, beberapa diantaranya memberikan catatan kepada pemerintah daerah.

“Fraksi Hanura memberikan catatan dan masukan agar program-program yang telah disepakati antara eksekutif dan legislatif wajib dilaksanakan,” tegas Liri Muri, juri bicara Fraksi Hanura dalam paripurna tersebut.

Senada, Harianto selaku juri bicara Fraksi Gerindra dalam pendapat akhir juga memberikan beberapa penekanan beberapa hal, seperti APBD diharapkan bisa memacu pertumbuhan ekknomi masyarakat.

“SKPD dalam menggunakan angggaran menerapkan efisiensi, akuntabilitas dan asas manfaat,” tegasnya.

Ia juga meminta agar pelaksanaan pekerjaan fisik dari APBD agar dilaksanakan tepat waktu.

Bupati Sekadau Aron mengapresiasi pimpinan dan seluruh anggota dewan beserta tim anggaran pemerintah daerah yang telah melaksanakan tugas pembahasan selama beberapa hari.

“Pembahasan berpedoman pada RKPD, KUA dan PPAS serta dokumen pendukung lainnya, sesuai ketentuan dan amanat yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 27 Tahun 2021,” beber Aron.

Menurut Bupati, pendapat, kritik dan saran yang disampaikan kepada pemerintah daerah selama proses pembahasan akan menjadi bahan masukan dalam upaya untuk meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan di masa-masa mendatang.

“Pemerintah daerah juga memahami bahwa aspirasi-aspirasi yang secara dinamis berkembang selama pembahasan, tidak lain adalah dalam kerangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Sekadau,” timpal Bupati Aron. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda