TNI AL, Korps Marinir dan Kemenhub RI Serbuan Vaksin di Pelabuhan dan Masyarakat Pesisir Banten

19

SERANG, BERITAANDA – Dalam rangka mensukseskan program pemerintah satu hari satu juta vaksin, sesuai perintah Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono. Korps Marinir TNI AL berinisiatif melaksanakan vaksinasi di berbagai tempat di pelabuhan-pelabuhan, salah satunya Pelabuhan Merak Banten, Selasa (27/7).

Pada kegiatan tersebut, Menteri Perhubungan RI Ir. Budi Karya Sumadi dan Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono didampingi Komandan Korps Marinir (Dankormar) TNI AL Mayjen TNI (Mar) Suhartono, meninjau langsung kegiatan vaksinasi dengan sasaran anak buah kapal (ABK) kapal penyeberangan, karyawan / petugas pelabuhan, penumpang kapal dan masyarakat sekitar.

Menhub menyampaikan, serbuan vaksinasi ini contoh yang baik, dimana TNI Angkatan Laut bersama dengan timnya melaksanakan vaksinasi yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Merak dan sekitarnya. Karena vaksinasi di wilayah Merak baru terlaksana 18 persen, maka hari ini diharapkan mencapai target 60 persen.

Sementra itu Kasal juga mengatakan,  selain kegiatan serbuan vaksin Covid -19 di dermaga,  dilaksanakan juga vaksinasi dengan cara ship to ship, yaitu mendatangi dari kapal ke kapal yang sedang lego jangkar menggunakan 1 Kal TNI AL, 1 Patkamla, 3 kapal patroli KSOP dan 5 unit perahu karet Korps Marinir, dikarenakan semua ABK kapal tidak bisa datang ke dermaga, sedang melaksanakan operasional kapal.

“Semua itu bertujuan agar masyarakat Merak Banten dan sekitarnya sehat semua,” tegas dia.

Selain vaksinasi diadakan juga pembagian bantuan sosial (bansos) dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Kementrian Perhubungan RI yang berjumlah 700 paket sembako.

Total pelaksanaan sebuan vaksinasi yang dilakukan TNI AL dari tanggal 23 Juni sampai 24 Juli 2021 berjumlah 276.577 orang, dengan rincian Komando Armada I 60.368 orang, Komando Armada II 75.209 orang, Komando Armada III 21.315 orang, Komando Lintas Laut Militer 3.296 orang, Korps Marinir 15.913 orang, Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL 2.830 orang, Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL Sekolah Tinggi Tehnologi Angkatan Laut 3.628 orang, Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut 2.107 orang, Akademi Angkatan Laut 3.456 orang, Pusat Polisi Militer Angkatan Laut 853 orang, Staf Komunikasi dan Elektronika Angkatan Laut 15 orang, Markas Besar Angkatan Laut 2.740 orang dan Pusat Penerbangan Angkatan Laut 8.419 orang.

Turut hadir dalam acara tersebut Pangkoarmada 1 Laksda TNI Abdul Rasid Kacong, Dirut ASDP Pusat Ira Puspa, Dir TSDP Dirjen Hubrad Cucu Mulyana, Dan Pasmar 1 Brigjen TNI (Mar) Hermanto, Dan Lantamal III Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq, Kadispenal Laksma TNI Yulius, Danrem 064/MY Brigjen TNI Gumuruh, Danlanal Banten Kolonel Laut (P) Budi Iryanto, As Intel Kajati Banten Adijaksa, Kepala BPTD Prov Banten Anjar, Walikota Cilegon Helldy Agustian,Dandim Cilegon Letkol INF. Ageng Wahyu Romadhon,Kapolres Cilegon AKBP Sigit, Kajari CilegonEli Kusumastuti, dan GM ASDP Merak Hasan Lessy serta Pejabat Utama Mako Kormar. [Katrine]

Bagaimana Menurut Anda