Tingkatkan Peran Bidang Pembangunan, UBL Kerjasama dengan UPJ

345
Rektor UBL, Yusuf Barusman (dua dari kiri) menyerahkan cinderamata kepada Kepala PJCUS Resdiansyah (dua dari kanan) didampingi Wakil Rektor I Hery Riyanto (paling kiri) dan Kepala PSKD UBL IB. Ilham Malik (paling kanan) usai penandatanganan kerjasama di aula M kampus Pascasarjana UBL, Sabtu (30/11/2019).

BANDAR LAMPUNG, BERITAANDA – Universitas Bandar Lampung (UBL) kembali melebarkan sayap kerjasama antar perguruan tinggi dengan menggandeng Universitas Pembangunan Jaya (UPJ), guna meningkatkan peran pada bidang pembangunan.

Penandatanganan kerjasama tersebut dilakukan oleh Rektor UBL Prof. Dr. Ir. M. Yusuf S Barusman, MBA dengan Kepala Operasional Pembangunan Jaya Center For Urban Studies (PJ CUS), Ir. Resdiansyah, ST MT Ph.D, bertempat di aula Gedung M, kampus Pascasarjana UBL, Sabtu (30/11/2019).

Pada kesempatan ini Rektor UBL Yusuf Barusman menyampaikan bagaimana kiprah dan peran aktif UBL pada bidang pembangunan di Provinsi Lampung.

“UBL sendiri di Provinsi Lampung termasuk pionir, yang dilihat dari sejarah berdirinya yakni pada tahun 1972, dan untuk Prodi Teknik Sipil termasuk yang pertama di Lampung. Selain itu juga, UBL selalu berusaha menjadi motor penggerak pembangunan di masyarakat dan hampir rata-rata pembangunan di Provinsi Lampung ini selalu melibatkan sentuhan tangan UBL. Sebagai contoh pembuatan jalan di Lampung ini harus lolos dari kualifikasi dari Laboratorium Teknik Sipil UBL yang dikepalai oleh Dosen UBL, Ronny Hasudungan Purba, ST MSc.E Ph.D,” ujar Yusuf saat menyampaikan sambutan.

“Kemudian kelayakan untuk memperoleh izin mendirikan bangunan (IMB) untuk bangunan di Lampung juga dipegang oleh Dosen Teknik UBL, yaitu Dr. Hery Riyanto, MT yang juga merupakan Wakil Rektor I. Hal ini adalah suatu bukti nyata bahwa UBL sangat berperan aktif di bidang pembangunan,” tambah dia.

Pernyataan Rektor UBL ini mendapatkan tanggapan positif dari Kepala PJ CUS, Resdiansyah.

Dirinya yang menyampaikan bahwa pihaknya saat ini sedang mendirikan Laboratorium Aspal, yang merupakan lab terbaik di Asia, dan kedepan bisa berkolaborasi bersama.

“Jika Pak Rony memegang masalah aspal, atau laboratorium struktur, maka kita dapat bekerjasama, kami juga membangun Laboratorium Aspal terbaik di Indonesia dan juga terbaik di Asia,” ungkap Resdiansyah.

Selesai penandatanganan kerjasama yang diinisiasi oleh Kepala Pusat Studi Kota dan Daerah (PSKD) Dr. Eng I.B Ilham Malik, ST, MT. ATU ini dilanjutkan dengan seminar regional dengan mengangkat tema ‘Transit Oriented Development’ yang disampaikan oleh Kepala PJ CUS UPJ Resdiansyah, diikuti oleh ratusan mahasiswa dan berbagai pihak yang terlibat pembangunan di Lampung. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda