Tingkatkan Pemberdayaan Masyarakat di Bidang Peternakan, Ini yang Dilakukan Pemdes Samasi

70

GUNUNGSITOLI-SUMUT, BERITAANDA – Demi meningkatkan perekonomian masyarakat, Pemerintah Desa [Pemdes] Samasi Kecamatan Gunungsitoli Idanoi Kota Gunungsitoli membuat program pemberdayaan masyarakat di bidang peternakan, Jumat (7/1).

Pj Kades Samasi, Februariman Laoli, saat ditemui di kantor desa menyampaikan, selain pertanian sebagai sektor utama dalam mempertahankan perekonomian masyarakat, Desa Samasi juga memiliki potensi yang luar biasa dalam bidang peternakan.

“Peternakan merupakan salah satu komoditas utama untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Memandang langkah ini penting, peternakan sebagai salah satu upaya kontributif dalam hal pendayagunaan dari pengelolaan dana desa membawa dampak perubahan langsung bagi masyarakat,” ungkapnya.

Untuk itu, lanjutnya, satu program yang kini dijalankan di Desa Samasi adalah bantuan ekonomi warga dengan konsep pemberdayaan peternakan. Dan realisasi dari program ini adalah memberikan bantuan berupa bibit hewan ternak babi sebanyak 73 ekor pada tanggal 23 November 2021 yang lalu kepada warga melalui kelompok peternakan yang ada di Desa Samasi.

“Program pemberdayaan masyarakat Desa Samasi di bidang peternakan ini merupakan hasil musyawarah desa yang sumber anggarannya dari DD 2021 dengan nilai anggaran Rp 149.650.000, yang dilaksanakan secara swakelola,” terangnya.

Paparnya lagi, program pengadaan bibit hewan ternak ini kepada masyarakat Desa Samasi sudah sesuai prosedur, yaitu berdasarkan pada Peraturan Desa Samasi Tentang RKPdes 2021 Nomor 1 Tahun 2021, Peraturan Desa Samasi tentang LPJ Tahun 2020 Nomor 2 Tahun 2021, Peraturan Desa samasi Tentang APBdes Tahun 2021 Nomor 3 Tahun 2021.

“Kami berharap bahwa program ini mampu memberikan kekuatan ekonomi bagi masyarakat Desa Samas,” harap kades. [Ganda]

Bagaimana Menurut Anda