Tatar SDM Jurnalis, PWI Sekadau Latih Anggotanya

90
Penyampaian materi oleh narasumber di kegiatan pelatihan jurnalis, PWI Sekadau. (Dokumen PWI)

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Jam pagi itu sudah menunjukkan pukul 09.30 Wib. Beberapa pesan singkat WhatsApp (WA) masuk di android wartawan media ini, Sabtu (29/8/2020), sejak pagi.

Setelah melihat arah jarum jam, tersadar bahwa hari ini akan diadakan pelatihan jurnalis. Seketika bergegas mengambil uniform PWI yang ada di lemari pakaian.

Tak butuh waktu lama, sepeda motor tua yang dikendarai segera menuju gedung SMPN 1 Sekadau.

Setibanya di lokasi, terlihat beberapa sepeda motor jurnalis lain yang sudah tidak asing terparkir di halaman belakang gedung utama. Setelah masuk ke dalam ruangan, beberapa pengurus PWI sedang mempersiapkan kegiatan.

“Mana yang lain, kalau sudah siap, kita mulai saja,” kata Beni, Ketua PWI Sekadau sembari mengotak-atik laptop.

Di sudut kiri ruangan, sebuah infocus tergantung. Dua buah microphone tergeletak di atas meja di bagian depan ruangan. Sementara beberapa jurnalis lainnya juga berdatangan.

Sedangkan beberapa lainnya mempersiapkan dimulainya kegiatan. “Konsumsi juga disiapkan,” tambah Beni.

Pukul 09.55 Wib, setelah merasa cukup, pelatihan jurnalistik oleh PWI Sekadau dibuka. Kegiatan ini mengangkat tema ‘Penguatan Wawasan Jurnalistik menuju Wartawan Sekadau yang Profesional, Kredibel dan Beretika’.

Dalam teknisnya, pelatihan ini dinarasumberi oleh beberapa pengurus PWI. Materi yang disampaikan merupakan hal-hal teori terakit pekerjaan jurnalis dan juga teknis penulisan berita serta pengambilan foto berita.

Jelang siang, kegiatan break untuk istirahat makan. Sedangkan beberapa jurnalis yang beragama Muslim meninggalkan ruangan untuk melaksanakan ibadah sholat Dzuhur. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda