Tarik Senpi Anggota, Ini Penjelasan Kapolres Sidimpuan

1707

PADANGSIDIMPUAN-SUMUT, BERITAANDA – Kepolisian Resort (Polres) Padangsidimpuan menarik sedikitnya 35 senjata api (senpi) yang dipegang anggota. Penarikan ini menyusul adanya kekhawatiran penyalahgunaan senpi.

“Disamping perintah dari pimpinan, penarikan ini guna menghindari adanya penyalahgunaan senjata api oleh anggota,” ujar Kapolres Padangsidimpuan, disampaikan Kasubbag Humas AKP Maria Marpaung, Senin (1/3).

Kasubbag mengungkapkan, penarikan dilakukan selepas pemeriksaan saat apel pagi yang diikuti para perwira di lingkungan Polres setempat. Meliputi kebersihan senjata, izin penggunaan pinjam pakai dan kelayakan senjata api.

Maria lantas merinci, dari 35 senpi yang ditarik pada saat pemeriksaan di halaman Mapolres Padangsidimpuan, 10 diantaranya langsung disimpan di gudang logistik Polres, karena surat izin pinjam pakai habis atau kadaluwarsa.

“Sisanya, ditarik karena hasil ujian psikologi dari anggota yang menggunakan, saat ini masih dalam tahap proses atau belum terbit. Nantinya, hasilnya bakal menentukan apakah senpi akan dipinjam pakaikan lagi,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Kapolres Padangsidimpuan AKBP Juliani Prihartini mengucapkan terimakasih kepada para personel atas pelaksanaan tugas selama ini. Termasuk dalam hal menjaga solidaritas dan sinergi dengan TNI.

“Apa yang disampaikan dalam arahan beliau (Kapolres) tersebut sesuai dengan komitmen Bapak Kapolri, yakni prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan (presisi),” pungkas Ajun Komisaris Polisi Maria. [Anwar]

Bagaimana Menurut Anda