Tak Kuat Menanjak, Truk Sawit Terguling di Pangkal Jembatan Kayuagung

174

OGAN KOMERING ILIR, BERITAANDA – Karena tak kuat menanjak, satu unit truk dengan nopol BG 8076 MO bermuatan sawit terguling di pangkal jembatan yang menghubungkan Kelurahan Mangunjaya dan Kutaraya Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Rabu (30/8/2023) siang.

Beruntung, meski sawit yang dibawa truk tersebut berhamburan dan nyaris separuh badan truk membentang di ruas jalan, dalam insiden ini tak ada korban jiwa dan juga tak menimbulkan kemacetan parah, lantaran ada pihak kepolisian dan Dinas Perhubungan (Dishub) OKI yang sigap mengatur lalu lintas.

“Terguling sekira pukul 11.30 WIB. Truk itu menaiki jembatan hendak menuju arah Sepucuk. Lalu baru separuh naik, tiba – tiba berhenti dan perlahan mundur lagi. Karena ingin menghindari toko di belakangnya, sopir truk banting stir, lalu truk terguling dan muatan kelapa sawitnya tumpah ke jalan,” ujar Tolip, tukang ojek yang mangkal didekat lokasi.

Lanjut dia, beruntung saat terjadi, kondisi jalan masih sepi, sehingga tak ada korban jiwa.

“Namun di awal tadi cukup menimbulkan kemacetan, tetapi sekarang tidak lagi, sebab sudah ada petugas,” tambahnya.

Terpisah, Kadishub OKI Aleksander Bustomi mengatakan, saat ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan Satlantas Polres OKI dan akan mendalami kronologi penyebab kecelakaan tunggal tersebut.

“Memang selama ini truk bermuatan besar dilarang melintasi jalan saat kondisi ramai, ada waktunya boleh lewat. Tapi, masih ada saja truk bermuatan sawit yang kucing-kucingan melintas di siang hari seperti sekarang,” ujar dia.

Dengan adanya kejadian ini, lanjut dia, maka kedepan pihaknya akan meningkatkan lagi pengawasan, khususnya di sekitar lokasi pusat jalan dalam Kota Kayuagung. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda