Syahrul ke Kades: Tingkatkan Mutu Pelayanan dan Kesejahteraan Masyarakat

446

TAPSEL-SUMUT, BERITAANDA – Kepala desa (kades) di Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) dituntut mampu meningkatkan mutu pelayanan publik dan kesejahteraan masyarakatnya. Kepala desa merupakan nakhoda pemerintahan desa yang dipercaya masyarakat untuk dapat memajukan pembangunan desa.

Demikian disampaikan Bupati Tapsel H. Syahrul Martua Pasaribu terhadap kades usai melantik 38 kepala desa periode 2019-2025, bertempat di gedung Serbaguna Sarasi II, perkantoran Pemkab Tapsel, Jalan Prof. Lafran Pane, Sipirok, Senin (2/12/2019).

Pelantikan kades tersebut berdasarkan SK. Bupati Tapsel No. 188.45/723/KPTS/Tahun 2019 ini dihadiri Wakil Bupati H. Aswin Efendi Siregar, Ketua DPRD Tapsel Husin Sogot Simatupang, Asisten, Staf Ahli Bupati, pimpinan OPD, camat, Kabag, Ketua PKK kabupaten dan kecamatan, serta istri dan simpatisan kades terpilih.

Dikesempatan itu, Bupati Syahrul mengawali sambutannya dengan ucapan selamat kepada ke 38 kepala desa yang telah dilantik. Begitu pula kepada semua elemen masyarakat yang telah turut serta mensukseskan pelaksanaan pilkada serentak tahun 2019 belum lama ini di Tapanuli Selatan.

Bupati mengatakan, menjadi kepala desa tentu merupakan pilihan dan keinginan dari masing-masing mereka para kades terpilih. Kendati demikian, sesudah pelantikan, bupati meminta jangan sampai ada pengelompokan warga berdasar pilihan di pilkades kemarin. Semua harus dilayani secara konstruktif dan positif.

“Rangkul dan berdayakan segenap lapisan guna mendukung program pembangunan desa. Selain itu, bangun pula kerjasama tim dengan perangkat desa. Kelola dana desa dengan baik supaya pelaksanaannya tepat sasaran, akuntabel, dan dapat dipertanggung jawabkan,” pesan bupati kepada para kades.

Syahrul juga menyegerakan para kepala desa supaya melakukan pajak bumi dan bangunan (PBB) guna menggenjot sektor pendapatan asli daerah. Seterusnya kepada istri para kades yang secara ex-officio telah menjadi pengurus PKK desa agar mendukung tugas suami demi suksesnya pembangunan pemerintah di desa. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda