Suka Cita Imlek Dirayakan dengan Malam Hiburan oleh MABT Sekadau

431
Permainan Barongsai pada perayaan malam hiburan Imlek 2571 MABT di Yayasan Bhakti Luhur Sekadau. (BERITAANDA)

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Suka cita perayaan Imlek 2571 tahun 2020 di Kabupaten Sekadau berlangsung sejak Jumat (24/1/2020) sore. Sejumlah persiapan perayaan malam Imlek dikemas panitia dan Majelis Adat Budaya Tionghua (MABT) dengan cara menarik.

Pusat pelaksanaan kegiatan perayaan malam Imlek diadakan di dua titik. Masing – masing perayaan malam Imlek di Klenteng Fuk Thet Chie Sungai Ayak Kecamatan Belitang Hilir dan di Yayasan Bhakti Luhur Sekadau Hilir.

Sejumlah rangkaian kegiatan pun diadakan. Tak hanya masyarakat Tionghua, ratusan warga dari berbagai etnis juga menyaksikan malam hiburan dan pagelaran seni budaya Tionghua di tahun tikus emas ini.

Ketua MABT Kabupaten Sekadau Jong Kim Sen menjelaskan, bahwa kegiatan perayaan malam Imlek ini merupakan agenda rutin. “Didahului dengan tradisi kumpul keluarga dan makan bersama untuk berbagi kasih,” ujar Jong Kim Sen.

Kim Sen kembali mengatakan, kegiatan ini terbuka untuk semua masyarakat dari berbagai entis.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk merajut persatuan dan kesatuan di Kabupaten Sekadau, sesuai dengan tema Imlek MABT Sekadau, ‘merajut persatuan dan kesatuan untuk Kabupaten Sekadau yang aman dan damai’,” jelas dia.

Sedangkan dari unsur pemerintah daerah, Wakil Bupati Aloysius yang hadir dalam kegiatan itu menyampaikan ucapan selamat merayakan Imlek bagi masyarakat Tionghua.

“Atas nama pribadi, keluarga dan pemerintah daerah, saya menyampaikan selamat merayakan Imlek 2571 kepada masyarakat Tionghua di Kabupaten Sekadau,” tukas Wabup Aloysius.

Dalam kegiatan ini, sejumlah tokoh Sekadau hadir, mulai dari Pastor Cristianus Cp, Pastor Paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau Hilir, pengurus MABT dan Yayasan Bhakti Luhur, anggota DPRD Provinsi Kalbar asal Sekadau Aron, Wakil Ketua DPRD Sekadau Handi serta Kapolres Sekadau AKBP Marupa Sagala SIK.

Puncak kegiatan diakhiri dengan penyulutan kembang api dan atraksi Barongsai pada pukul 24.00 wib. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda