Soal Pawai Takbir Keliling, Ini Himbauan Walikota Padangsidimpuan

2671

PADANGSIDIMPUAN-SUMUT, BERITAANDA – Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 450/2951/2019 yang pada intinya menghimbau masyarakat agar tidak melaksanakan pawai takbir keliling di jalan raya pada malam lebaran.

“Pemkot Padangsidimpuan sangat mendukung semua kegiatan berbentuk syiar agama di kota ini. Namun untuk menghindari tingginya angka kecelakaan laulintas di jalan raya dan hal-hal yang tak diinginkan, kita himbau pawai takbir keliling tidak dilaksanakan,” kata Irsan, Sabtu (1/6/2019).

Sebagai gantinya, Walikota Padangsidimpuan menghimbau kepada seluruh umat Islam agar merayakan penyambutan Idul Fitri dengan melaksanakan takbiran di tempat kerja atau masjid serta mushola. Karena akan lebih banyak manfaat dan bermakna.

Agar dapat dan dijalankan, Walikota Padangsidimpuan mengirimkan SE tersebut kepada forum komunikasi pimpinan daerah (forkopinda), pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), Kepala Kantor Kementerian Agama, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), seluruh camat, pimpinan partai politik dan organisasi masyarakat.

“Kita tidak pernah larang takbiran menyambut Idul Fitri. Hanya caranya saja yang kita minta dilaksanakan di tempat kerja atau masjid dan mushola. Karena pengalaman tahun sebelumnya, angka kecelakaan lalulintas meningkat akibat pengendara ugal-ugalan saat pawai,” jelasnya.

Sebelum menerbitkan SE ini, walikota telah berkoordinasi dengan kepolisian dan pihak terkait. Semua setuju meniadakan pawai takbiran, dengan tujuan selamatkan masyarakat dari hal-hal yang tak diinginkan di hari kemenangan yang fitri nanti.

“Idul Fitri itu hari kemenangan setelah sebulan penuh menunaikan ibadah puasa Ramadhan. Kita tidak inginkan hari yang suci ini diwarnai dengan duka kehilangan nyawa, luka-luka atau hal-hal buruk yang sangat tidak kita ingini bersama,” tegas Irsan. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda