Serasa Pilkada, Sesi Pilkepling III Pijorkoling Kaya Makna

276
Mahasiswi KKL Unimed yang ikut membantu pelaksanaan pemilihan Kepling III, Pijorkoling, tampak memperlihatkan kertas suara yang sudah dicoblos pemilih.

PADANGSIDIMPUAN-SUMUT, BERITAANDA – Kaya akan makna, demikian gambaran yang bisa diambil dari sesi pemilihan kepala lingkungan (pilkepling) III di Kelurahan Pijorkoling, Sidimpuan Tenggara, Padangsidimpuan.

Pasalnya, bila di banyak tempat atau kelurahan penjabat kepling dihunjuk secara langsung oleh kepala kelurahan, tapi tidak di Lingkungan III Pijorkoling. Pemilihan digelar secara demokrasi, tidak ubahnya memilih kepala daerah.

“Pemilihan kepling ini kita adakan secara langsung, adil, umum, dan rahasia,” ungkap Kepala Kelurahan (Lurah) Pijorkoling, Zulkarnain Hidayat, ditemui BERITAANDA di lokasi tempat pemungutan suara (TPS), tepatnya di aula kantor Camat Sidimpuan Tenggara, Sabtu (3/7) pagi.

Menurutnya, tidak ada regulasi yang mengharuskan tata cara penetapan penjabat kepling itu dilaksanakan secara pemilihan. Namun, demi menyahuti aspirasi masyarakat, Zulkarnain mengaku harus menempuh mekanisme itu.

“Untuk pembiayaan tahapan pemilihan, mulai dari ATK, konsumsi, dan lainnya, saya mengeluarkan uang pribadi. Selagi itu dalam konteks demi kemaslahatan umat serta amanah jabatan, hal itu harus saya sanggupi,” tegasnya.

Apalagi, sambung Lurah, dorongan ditetapkannya kepling baru menggantikan kepling sebelumnya yang meninggal dunia terus berdatangan dari masyarakat lingkungan III, baik secara lisan atau tertulis melalui surat resmi warga.

Dalam pelaksanannya, kontestasi pilkepling ini diikuti 3 peserta. Ediana Napitupulu (A), Ramadansyah Borayun Batubara (B), Jumadin Oloan Rambe (C). Ketiganya akan beradu perolehan suara terbanyak dari jumlah DPT 165.

Layaknya sesi pemilihan pada umumnya, tahapan demi tahapan termasuk pencoblosan dilalui secara berurutan. Dan sesi yang paling dinanti adalah tahap penghitungan perolehan suara, babak di saat penentuan pemenang.

Setelah sempat terjadi salip menyalip perolehan suara di antara kontestan B dan C, pada akhirnya Ramadansyah Borayun (B) unggul dengan peroleh suara sebanyak 57, hanya selisih 2 suara dengan rivalnya, kontestan C.

Sedangkan Ediana Napitupulu (A), satu-satunya peserta perempuan dalam pilkepling tersebut harus puas berada di urutan ketiga, dengan perolehan suara sebanyak 25. Artinya, Ramadansyah Borayun Batubara jadi kepling III.

“Alhamdulillah, berkat dukungan dari semua pihak, hari ini pekerjaan rumah dalam setahun ke belakang ini telah kita selesaikan. Terimakasih kepada masyarakat telah antusias mengikuti pelaksanaan pilkepling,” ucap Lurah.

Kepada kepling terpilih, Zulkarnain berharap supaya bisa mengemban amanah dengan baik. Memberi pelayanan yang maksimal kepada warga lingkungan setempat, dan selalu menjalin koordinasi dengan pemerintasan atasan.

Pemilihan kepling ini ditutup dengan pemberian ucapan selamat dari pihak panitia, Bhabinkamtibmas, dan warga lainnya kepada kepling terpilih. “Terimakasih, dan mohon bantu saya,” ringkas Ramadansyah Borayun Batubara. [Anwar]

Bagaimana Menurut Anda