Serahkan Kartu Tani, Ini Himbauan Bupati Kerinci

458

KERINCI-JAMBI, BERITAANDA – Bupati H. Adirozal menghadiri acara penyerahan kartu tani oleh Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura setempat, bertempat di aula kantor Bupati Kerinci, Rabu (11/3/2020).

Selain penyerahkan kartu tani, juga diadakan sosialisasi kredit usaha rakyat (KUR) dan asuransi usaha tanaman padi (AUTP) kepada setiap perwakilan kelompok tani di Kabupaten Kerinci.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Kerinci Radium Kharlis mengatakan, dengan adanya kartu tani dapat mempermudah petani dalam mendapatkan pupuk bersubsidi di kios pupuk yang telah ditentukan, serta mempermudah dalam pengawasan penyaluran pupuk bersubsidi.

“Semoga adanya kartu tani nantinya para petani bisa mudah mendapatkan pupuk subsidi di kios pupuk yang telah ditentukan, serta pendistribusian pupuk bersubsidi ke petani bisa lebih terkontrol,” ungkap Radium Kharlis.

Bupati pada kesempatan itu mengatakan, selain untuk mempermudah petani mendapat pupuk subsidi, kartu tani juga bisa membantu petani untuk meminjam tambahan modal melalui kredit usaha rakyat. Pemerintah Kabupaten Kerinci telah menganggarkan Rp17 miliar untuk tahun 2020.

“Bagi petani yang mendapat kartu tani nanti bisa mengajukan pinjaman ke perbankan yang bekerjasama dengan pemkab tanpa ada anggunan (jaminan), karena telah dijamin oleh pemerintah dengan jumlah di bawah Rp50 juta,” jelas dia.

Bupati berharap dan menghimbau kepada petani yang menerima kartu tani untuk dapat menggunakan kartu taninya sebaik mungkin.

“Ya, untuk jumlah penerima kartu tani di Kabupaten Kerinci sendiri sebanyak 23 ribu petani yang terdaftar dalam kelompok tani dalam 16 kecamatan,” jelas bupati. (Tomi)

Bagaimana Menurut Anda