Syahrul Ingin Jadikan Tapsel Kawasan EBT

269

TAPSEL-SUMUT, BERITAANDA – Salah satu kontribusi yang ingin dikembangkan di Tapanuli Selatan (Tapsel) ialah menjadikannya sebagai kawasan strategis energi baru dan terbarukan (EBT). Hal ini mengingat adanya potensi panas panas bumi di Pahae Silangkitang dan sekitar.

“Banyak orang tidak tahu, disana potensi panas buminya diatas 1.000 megawatt yang eksisting baru 3×110, dan wilayah kerja pertambangan (WKP) berada di Sibual-buali Sipirok,” ungkap Bupati Tapsel H. Syahrul M. Pasaribu, kepada anggota DPR RI Sihar PH. Sitorus, baru-baru ini.

Sihar dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dapil II Sumatera Utara bersama rombongan sengaja menemui Bupati Tapsel, dalam rangka kunjungan kerja reses perorangan. Pertemuan ini banyak membahas potensi dan pembangunan Tapsel ke depan.

Bupati Tapsel menyampaikan, jikalau kawasan EBT yang dia canangkan dapat tewujud, maka telah tersahuti pula apa yang ditandatangani Presiden RI Joko Widodo. Yaitu perjanjian Paris mengurangi emisi gas rumah kaca untuk 23 persen pada tahun 2025.

“Semoga dengan kedatangan ke daerah kami akan memberi kontribusi positif. Mengingat, Bapak Sihar ada di Komisi XI DPR RI bidang keuangan dan perekonomian, yang diharapkan mampu mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Tapsel,” harap Syahrul.

Sihar P.H. Sitorus membenarkan, kedatangan dia berikut rombongan merupakan mandatoris PDIP untuk mengisi Komisi XI di DPR RI membidangi keuangan dan perekonomian, dengan 12 mitra kerja antara lain BI, Menteri Keuangan, BPK, BPS, Bappenas, dan lainnya.

Menyahuti keinginan bupati untuk mewujudkan Tapsel menjadi kawasan EBT, Sihar PH. Sitorus menjanjikan siap membantu dan upayakan itu. Sebab tidak bisa dipungkiri, Kabupaten Tapsel memiliki potensi alam luar biasa. Tinggal upaya seperti apa, agar potensi itu mampu membantu peningkatan perekonomian rakyat. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda