Sekda Provinsi Jambi Instruksikan Jangan Ada Titipan dalam Seleksi Paskibraka

245

JAMBI, BERITAANDA – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi HM.Dianto minta tim panitia seleksi calon pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) untuk menyeleksi peserta dengan sebaik-baiknya, agar yang terpilih nantinya yang benar-benar punya kemampuan, tidak ada titipan dari siapapun.

Hal itu ditegaskannya dalam pembukaan pelaksanaan seleksi paskibraka tingkat Provinsi Jambi dan nasional tahun 2019, di Hotel Golden Harvest, Kota Jambi, Rabu (24/4/2019).

“Oleh Karena itu, saya berpesan kepada adik-adik, selama mengikuti seleksi ini agar mengikuti dengan penuh perhatian, ikut secara seksama dan penuhi berbagai ketentuan yang telah ditetapkan oleh panitia pelatih dan instruktur,” ujar sekda.

“Disisi lain, adik-adik dengan mengikuti seleksi calon anggota paskibra ini berarti menambah rangkaian rajutan sejarah hidup yang merupakan rajutan positif, sehingga juga menjadi kenangan manis dikemudian hari. Kesempatan hanya sekali, pergunakanlah kesempatan ini sebaik mungkin,” sambung sekda.

Sekda mengatakan, pelatihan merupakan wahana yang sangat tepat untuk membina mental dan disiplin generasi muda penerus kepemimpinan bangsa.

“Saya berpesan kepada yang belum terpilih untuk tidak berkecil hati, karena ananda semua merupakan yang terbaik. Tentu akan banyak ilmu dan pengalaman yang ananda dapatkan. Jangan lupa untuk membimbing adik-adik kelasnya di sekolah masing-masing usai pelatihan nanti,” ungkap sekda.

Kepada seluruh calon paskibraka, sekda menekankan agar mempersiapan fisik dan psikis yang baik, menjaga kedisiplinan baik terkait waktu, pakaian, dan apa saja yang diinstruksikan oleh pelatih.

“Seorang paskibraka harus sehat, cerdas, memiliki sopan santun, akhlak mulia, dan harus jauh dari narkoba, sehingga bisa menjadi contoh bagi anak muda yang lain. Ikutilah kegiatan seleksi ini dengan sungguh-sungguh, tampilkan seluruh kemampuan yang ada pada dirimu, bahwa kamu memang merupakan siswa/siswi terbaik dari seluruh siswa/siswi yang ada di Provinsi Jambi ini,” tegas sekda.

Sebelumnya, ketua penyelenggara Iskandar menyampaikan, tujuan kegiatan adalah memilih calon paskibraka tingkat Provinsi Jambi dan nasional tahun 2019 agar mendapatkan calan paskibraka yang sehat jasmani dan rohani, berkemampuan, berkepribadian baik dan berakhlak mulia.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jambi, Wahyudin menyampaikan hal yang senada dengan sekda terkait pelaksanaan seleksi paskibraka selalu mengedepankan yang terbaik dan menyeleksi dengan baik.

“Kita akan menyeleksi anak-anak kita dengan baik, tidak ada istilah titipan, jadi akan menghasilkan generasi lebih baik, apalagi ini akan membawa nama Provinsi Jambi di tingkat nasional. Kita harus teliti dan benar-benar yang mampu mengharumkan nama daerah kita,” ujarnya.

“Kita tegaskan tidak ada titipan, kita meyakini yang dikirim kabupaten/kota pasti orang baik, untuk itu dari sekian orang baik kita seleksi lagi mencari yang terbaik lagi, bukan fisiknya saja yang dinilai, banyak ilmu pengetahuan umum, kesenian, psikotes dan wawancara, kesehatan, kepramukaan, Bahasa Inggris dan PBB-nya,” jelas Wahyudin. (Inro)

Bagaimana Menurut Anda