Sekda Parulian Tutup Festival Meracik Kopi Arabika di Tapsel

195

TAPSEL-SUMUT, BERITAANDA – Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) Parulian Nasution menutup festival meracik kopi Arabika, yang dipusatkan di alun-alun Pasar Sipirok, Ahad (10/11/2019) malam.

Penutupan tersebut turut dihadiri Kadis Pertanian Tapsel Bismark Muaratua, Kadis Perdagangan Ahmad Raja Nasution, Kadis Ketahanan Pangan Efrida Yanti Pakpahan, dan Camat Sipirok Sardin Hasibuan.

Parulian Nasution dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada para peserta dari berbagai daerah di Sumut seperti Tapsel, Medan, Langkat, Porsea, Balige, Tarutung, Madina, Labuhan Batu dan Pasangsidimpuan.

“Saya juga mengucapkan terimakasih kepada panitia yang bertugas. Berkat semangat yang begitu tinggi dari kalian, festival meracik kopi Arabika ini dapat terselenggara dengan baik tanpa ada kendala,” kata Sekda Parulian.

Melalui festival semacam ini, kedepan bisa go international. Sehingga mampu mengangkat martabat kopi Sipirok di kancah persaingan bisnis kopi di level global. Pada gilirannya akan berimbas pada peningkatan level kesejahteraan wirausaha serta petani kopi Tapsel.

“Kami juga berharap, gaung festival kopi ini sampai ke masyarakat dunia, sehingga akan mendongkrak sektor pariwisata dan mampu menjadi magnet bagi para pengunjung, baik wisatawan lokal maupun mancanegara,” ujarnya.

Penutupan festival ini ditandai dengan penyerahan hadiah bagi pemenang meracik kopi Arabika dengan aroma cita rasa dan keseimbangan rasa, yaitu Agus Salim Siregar dari Ondo Kopi Sipirok (juara satu), Roni Ch Manurung dari Balige (juara kedua), dan Mirna Salifah Siregar dari Ondo Kopi Sipirok (juara ketiga).

Sedangkan untuk juara harapan pertama ialah Algi Fari Sormin dari Rumonda Kopi Padangsidimpuan, juara harapan kedua Amri Hasan Sitompul dari Ondo Kopi Sipirok, dan juara harapan ketiga Joseph Apriadi Napitupulu dari Porsea. Ditambah uang pembinaan, piala dan sertifikat kepada masing-masing juara. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda