Satpol PP dan Damkar Sergai Gelar Simulasi Pemadaman Kebakaran

176

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Satuan Polisi Pamong Praaja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) gelar simulasi pemadaman kebakaran, bertempat di Dusun II Sei Rampah Kecamatan Sei Rampah, Kamis (29/8/2019).

Plh Bupati Sergai H Darma Wijaya, SE mengatakan, bahwa Damkar turun untuk memadamkan api jika terjadi kebakaran. Namun yang menjadi kendala adalah jalan kecil dan sempit jadi permasalahan, sehingga Damkar kerap menjadi kambing hitam dan disalahkan.

“Petugas pemadam kebakaran harus memiliki kebanggaan akan profesi yang ditekuni saat ini. Profesi yang menuntut profesionalisme dan kesungguhan, karena di dalam profesi petugas Damkar terkandung misi sosial kemanusiaan untuk menyelamatkan jiwa raga serta harta benda. Selain itu, petugas Damkar dituntut kerja dengan penuh kedisiplinan, ketekunan dan kesabaran. Bisa bekerja dengan tim dengan penuh kebersamaan yang erat, sekaligus membentuk jiwa yang peka dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat, mengingat tugas anda adalah pelayanan publik,” tegas dia.

Sementara Kepala Satpol PP dan Damkar Drs Fajar Simbolon, M.Si menyebut, tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan dasar tentang penanggulangan bahaya kebakaran kepada masyarakat sebagai upaya preventif guna memperkecil resiko bahaya kebakaran.

“Kegiatan yang diikuti oleh 32 anggota pemadam kebakaran ini juga diharapkan dapat menciptakan personel yang berkemampuan, sesuai panca dharma kebakaran yaitu pencegahan, pengendalian, penyelamatan, pemberdayaan masyarakat, serta penanganan bahan berbahaya dan pemadaman kebakaran. Selain itu juga agar tersosialisasinya bahaya kebakaran pada masyarakat di Kabupaten Sergai,” jelasnya.

“Para camat agar membantu mensosialisasikan nomor call center pemadam kebakaran yang telah diinformasikan selama ini, yaitu 0858 3311 8387 yang siaga selama 24 jam,” pungkas dia.

Kegiatan tersebut diisi dengan simulasi pemadaman kebakaran oleh personel Damkar Sergai dengan instruktur dari Dinas Penyelamatan dan Damkar Kota Medan, antara lain memadamkan api di air, pemadaman api di rumah penduduk, serta pemadaman api dengan menggunakan alat pemadam api ringan (APAR). (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda