‘Duo Beradek Songket’ Kenalkan Batik Asli Palembang di Pameran Tenun Nusantara

808

PALEMBANG, BERITAANDA – Songket masih mendominasi kain khas Palembang yang dikenal luas masyarakat, khususnya mereka dari luar Palembang.

Padahal Palembang kaya akan kain tradisional, termasuk jumputan juga batik. Sayangnya, batik Palembang belum dikenal luas, bahkan bisa dikatakan tidak banyak yang tahu kalau Palembang ada batik.

“Iya belum banyak yang tahu Palembang punya batik, jadi kita promosikan agar tahu,” ujar Faisol, owner Duo Beradek Songket saat ditemui di sela pemeran tenun nusantara di Palembang Indah Mall, Kamis (29/8/2019).

Dikatakan Faisal, batik Palembang memang masih dipengaruhi pakem Jawa yang bisa dilihat dari motif dan luriknya.

Untuk warna, Faisal menghadirkan warna berani atau warna terang seperti kuning, biru, ungu, merah yang berbeda dari warna yang ada selama ini yang didominasi warna gelap.

Dia juga menjelaskan, perbedaan lain batik Palembang dan Jawa yakni dari teknik pembuatannya. Meski sama-sama dibuat dengan teknik tulis tapi prosesnya sedikit berbeda.

Batik Jawa ditulis dengan bentangan kecil atau secukupnya saja, tapi batik Palembang dibuat dengan membentangkan seluruh kain dasar yang akan diukir dengan tinta batiknya.

“Jadi kalau kainnya panjang sekitar 3 meter, ya semuanya dibentangkan, baru ditulis dengan tinta seperti membatik pada umumnya,” pungkas Faisal. (Febri)

Bagaimana Menurut Anda