Satgas TNI AL Peduli Cianjur Adakan Trauma Healing ke Anak-anak Terdampak Bencana Gempa

24

CIANJUR-JABAR, BERITAANDA – Satgas TNI AL Peduli Cianjur laksanakan trauma healing kepada anak-anak terdampak bencana gempa.

Satgas menyempatkan waktu untuk memberikan hiburan dan pelajaran bagi anak-anak SD korban gempa di Taman Purwatasari Kelurahan Sawahgede Kecamatan Cianjur Kabupaten Cianjur Jawa Barat, Kamis (24/11/2022).

Letda Laut (K) dr. Ady Prasojo bersama Serda APM Vina yang merupakan tim evakuasi dari Yonkes 1 Pasmar 1 Korps Marinir di wilayah sektor Cianjur, telah berbagi keceriaan dengan murid SD.

Komandan Satgas Kesehatan TNI AL Peduli Gempa Cianjur Kolonel Laut (K) dr. Sujoko Purnomo Sp.B mengatakan, tim kesehatan kita melaksanakan trauma healing kepada anak-anak pengungsi bersama-sama dengan BPBD DKI.

“Anak-anak tidak dapat mengikuti proses belajar di sekolah seperti biasanya, karena sekolah mereka hancur rata dengan tanah akibat gempa,” jelas dia.

Data terbaru dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur menyebutkan, terdapat 162 korban tewas, per Senin 21 November 2022 pukul 21.00 WIB.

“Kisah haru semakin menyeruak saat diketahui mayoritas korban tewas Gempa Cianjur adalah anak-anak yang masih berada di dalam sekolah,” terangnya.

Dengan kesabaran dan keihlasan, kedua prajurit itu memberikan hiburan kepada anak-anak dengan cerita dongeng sambil belajar, membuat anak-anak tersebut tersenyum lepas.

Sesekali tertawa terbahak-bahak, sehingga mereka terlihat seolah-olah tidak memiliki duka dan beban akibat bencana.

“Kegiatan hiburan kepada anak-anak korban gempa di sela-sela proses evakuasi ini merupakan salah satu bentuk trauma healing. Agar anak-anak tidak larut dalam kesedihan dan dapat menatap masa depan yang labih baik dan menjadi pribadi yang kuat,” jelas Dansatgas.

“Kami juga menekankan kepada anggota tim evakuasi, di kala waktu istirahat dapat juga berinteraksi dengan anak-anak di pengungsian, agar mereka tidak larut dalam kesedihan sekaligus memberikan penghiburan kepada mereka dan memotivasi semangat mereka,” tambahnya.

Segala keterbatasan yang ada, Letda Ady bersama Serda Vina berharap kegiatan yang dilakukannya dapat mengobati rasa trauma mental bagi anak-anak SD di Cianjur. Selain itu juga bertujuan untuk membangkitkan semangat dan niat belajar bagi anak-anak pasca gempa. (Katharina)

Bagaimana Menurut Anda