Ratusan Prajurit Kodam II/Sriwijaya Terlibat dalam Latihan Pengamanan VVIP

270

PALEMBANG, BERITAANDA – Untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan yang handal dalam tugas pengamanan, Kodam II/Sriwijaya menggelar latihan pengamanan very-very important person (VVIP) selama 3 hari, dari tanggal 28 hingga 30 Agustus 2019, dilaksanakan di Gedung Sudirman Makodam II/Sriwijaya.

Latihan ini secara resmi dibuka Kolonel Inf. I Ketut Wardana selaku Kabag Lat Rindam II/Sriwijaya mewakili Pangdam II/Sriwijaya.

Kolonel Inf. I Ketut Wardana berharap agar latihan dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab. Hal ini mengingat, pengamanan (pam) VVIP merupakan tugas yang sangat penting, dan salah satu tugas OMSP TNI paling tegas dan jelas tertuang dalam undang-undang TNI.

“Seringnya pam VVIP di wilayah Kodam II/Sriwijaya jangan dianggap sebagai tugas biasa atau rutinitas. Pam VVIP merupakan tugas terbarukan, sehingga penyelenggaraan kali ini harus ada kreatifitas, kemauan, dan kemampuan dalam perencanaan. Masing-masing harus memahami tugas yang disandang secara perorangan, kelompok dan satuan tugas,” tegas dia, Rabu (28/8/2019).

Dijelaskan lagi, untuk menjalankan tugas pengamanan VVIP melibatkan berbagai unsur, mulai dari TNI, Polri, pemda, Dinas Perhubungan dan instansi terkait. “Oleh karena itu, masing-masing unsur yang terlibat harus saling berkoordinasi satu-sama lain,” jelasnya.

Pada latihan itu, Kasi Ops. Korem 043/Gatam Letkol Inf. Erwin Taufan sebagai pelaku Latpam VVIP melibatkan empat ratusan prajurit dari beberapa satuan balak, satuan tempur dan satuan bantuan tempur di jajaran Kodam II/Sriwijaya. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda