Puskesmas Celikah Targetkan Vaksin 70 – 100 Orang Per Hari

78
Kepala Dinas Kesehatan OKI Iwan Setiawan saat melakukan pemantauan vaksinasi di Puskesmas Celikah.

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Untuk mengejar percepatan vaksinasi Covid-19, Puskesmas Celikah menargetkan hingga 70 sampai 100 vaksinasi per hari. Hal ini disampaikan oleh Kepala Puskesmas Celikah, Susmiyati, SKM, MKes, ketika diwawancarai wartawan, Senin (26/7).

Labih lanjut ia mengatakan, untuk saat ini sudah sekitar 6.081 orang yang sudah divaksin, khusus pada wilayah sasaran Puskesmas Celikah dengan target sasaran 23.039 vaksinasi.

“Untuk dosis pertama sebanyak 3.885 vaksinasi yang telah diberikan, dan pada dosis kedua sebanyak 2.113. Jumlah tersebut belum ditambah dengan vaksinasi yang kita gelar pada hari ini,” ujarnya.

Sementara itu terpisah, Kepala Puskesmas Kutaraya, dr. Isa mengungkapkan bahwa, untuk di wilayah sasaran Puskesmas Kutaraya dari target sasaran 28.910 vaksinasi, sebanyak 2.946 orang telah divaksin pada dosis pertama. “Sedangkan dosis kedua sebanyak 1.787 orang telah dilakukan vaksinasi,” jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan, Iwan Setiawan, SKM, MKes menjelaskan, manfaat dari vaksinasi ialah membantu menciptakan herd immunity yang bertujuan untuk mencegah dan memutus mata rantai penularan virus corona.

“Benar bahwa seseorang yang telah divaksin masih mungkin terinfeksi Covid-19, namun kemungkinan itu terus menurun seiring banyaknya jumlah orang dalam suatu kelompok yang divaksinasi hingga menciptakan herd immunity,” ujarnya seraya menjelaskan, memperoleh vaksin Covid-19 tidak hanya menyelamatkan diri sendiri tetapi juga melindungi orang-orang di sekitar.

Kemudian, vaksin dapat membangun perlindungan tubuh karena penelitian telah menunjukkan bahwa vaksinasi memberikan dorongan yang kuat untuk membangun perlindungan pada orang yang telah pulih dari Covid-19.

“Meski demikian, orang yang belum pernah terinfeksi Covid-19 pun dapat terlindungi oleh vaksinasi,” katanya.

Kemudian, vaksin dapat memeroleh kekebalan tubuh, menurunkan sakit parah akibat Covid-19 karena orang yang sudah mendapatkan vaksin memiliki resiko yang lebih rendah untuk terkena gejala serius jika terinfeksi corona, dan banyak lagi manfaat lainnya dari vaksin.

“Untuk di wilayah OKI sebanyak 32 Puskesmas, ditambah dengan klinik Kodim dan Polres. Mereka terus melakukan vaksinasi selama persediaan vaksin masih ada,” pungkas dia. [Iwan]

Bagaimana Menurut Anda