Pilkada Serentak Diharapkan Tak Menimbulkan Klaster Baru Corona

34

BANDAR LAMUNG, BERITAANDA – Provinsi Lampung akan menghadapi pilkada di 8 kabupaten / kota pada tanggal 9 Desember mendatang. Oleh sebab itulah seluruh ketentuannya sudah dikeluarkan dari KPU maupun Bawaslu.

Hal ini disampaikan Gubernur Lampung Arinal Junaidi usai menggelar rapat koordinasi penegakan hukum protokol kesehatan pada tahapan pilkada serentak dan penandatanganan pakta integritas oleh pasangan calon (paslon) kepala daerah dan wakil kepala daerah tahun 2020, bertempat di Gedung Pusiban, Jumat (25/9/2020).

“Pilkada serentak yang akan dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19 harus aman dari gangguan ketertiban dan aman dari sisi kesehatan,” tambah gubernur.

Meski dilaksanakan di masa pandemi, ia berharap pilkada serentak 2020 bisa aman dari Covid-19 dan tidak menjadi wahana penyebaran dan klaster baru corona.

Sementara Kapolda Lampung Irjen Pol. Purwadi Arianto yang turut mendampingi gubernur menjelaskan, pelaksanaan pilkada saat ini berbeda dari biasanya, karena ada batasan.

“Pembatasan ini dilaksanakan dalam rangka mencegah dan melindungi masyarakat dari Covid-19,” jelasnya.

“Terkait daerah rawan, kebanyakan di Lampung Selatan dan Pesawaran. Karena geografisnya yang jauh. Sejarah konflik juga ada, tapi kebanyakan yang rawan itu adalah jauh di pulau-pulau terpencil,” tegasnya. [Katrine]

Bagaimana Menurut Anda