PIID-PEL Wujudkan Desa Wisata Tani di Melati II Perbaungan

575

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Program Inkubasi Inovasi Desa (PIID) Peningkatan Ekonomi Lokal (PEL) yang merupakan bahagian dari Program Inovasi Desa (PID) telah mewujudkan desa wisata tani di Desa Melati II Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai).

Supardi selaku Kepala Desa (Kades) Melati II menyebutkan, dalam pengelolaan desa wisata tani tersebut, ia bersama pemerintah desa (pemdes) secara bergotong-royong membersihkan area lokasi wisata tani Panteng Kleset untuk dijadikan desa wisata tani yang juga dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Madani, dan Kemendes RI telah memberikan bantuan berupa micro bus untuk sarana para tamu dari kabupaten lain serta wisatawan negara lain juga berkunjung ke Panteng Kleset.

Sementara Tenaga Ahli Pengembangan Ekonomi Desa, Tengku Fahrizal Husni, melalui WhatsApp (WA), Senin (18/11/2019) mengatakan, sejak digulirkannya pada tahun 2017, PID telah melahirkan inovasi yang tumbuh dan berkembang di masyarakat dan didokumentasikan menjadi media pembelajaran hasil capturing yang dijadikan media visual maupun media pembelajaran yang dinarasikan.

Ia juga menyebutkan, di tahun 2019 ada beberapa desa telah dianggarkan dalam APBDes dan sudah terlaksana diantaranya, kegiatan Posyandu Lansia, kegiatan Bumdes Mart, kegiatan peningkatan kapasitas pelaku dalam revitalisasi budaya dan ekonomi desa yang telah dilaksanakan di Desa Martebing.

“Serta program pilot inkubasi inovasi desa pengembangan ekonomi lokal yang merupakan bagian dari program inovasi desa, telah mewujudkan desa wisata tani di Desa Melati II dan desa wisata arung jeram di Desa Buluh Duri, yang telah dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa,” pungkas Tengku Fahrizal. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda