Piala AFF 2022, Spaso: Kami Rindu Keluarga, Tapi Ini Tugas Negara

36

MANILA, BERITAANDA – Striker timnas Indonesia, Ilija Spasojevic, sangat berharap pengorbanan semua pemain meninggalkan keluarga pada momen Natal dan Tahun Baru berbuah trofi juara Piala AFF 2022.

Hal itu disampaikan Ilija Spasojevic setelah menyelesaikan latihan timnas Indonesia di Rizal Memorial Stadium, Manila, Filipina, pada Sabtu (31/12/2022) malam WIB.

Duel Filipina vs Indonesia merupakan laga terakhir Grup A Piala AFF 2022 yang akan dihelat di Rizal Memorial Stadium pada Senin (2/1/2023) malam WIB.

Menurut Spaso, seluruh pemain timnas Indonesia saat ini sudah mulai rindu dengan keluarga. Striker naturalisasi asal Montenegro itu berharap pengorbanan para pemain meninggalkan keluarga berakhir manis dengan trofi juara Piala AFF 2022.

“Kami semua rindu keluarga. Namun, ini tugas negara. Jadi, saya rasa (pengorbanannya) sepadan,” kata Spaso dikutip dari Antara.

“Kami akan merayakan (Tahun Baru 2023) semuanya, kalau bisa setelah final. Harapannya tetu saja timnas Indonesia bisa juara Piala AFF 2022,” ucap striker milik Bali United itu.

Rasa rindu pemain timnas Indonesia terhadap keluarga sangatlah wajar. Sebab, skuad timnas Indonesia sudah jauh dari keluarga selama lebih dari satu bulan sejak pemusatan latihan di Bali pada November 2022.

Setelah tiga pekan pemusatan latihan di Bali, timnas Indonesia melanjutkan persiapan di Jakarta sampai akhirnya tampil di Piala AFF 2022.

Adapun laga kontra Filipina akan menentukan nasib timnas Indonesia. Skuad Garuda memang hanya membutuhkan hasil imbang melawan Filipina untuk lolos ke semifinal Piala AFF 2022. Spaso dkk bahkan berpeluang melaju ke semifinal Piala AFF 2022 jika pada akhirnya kalah dari Filipina.

Namun, timnas Indonesia idealnya tetap harus berjuang mengalahkan Filipina agar bisa lolos ke semifinal Piala AFF 2022 sebagai juara Grup A.

Garuda wajib mengalahkan Filipina dengan skor besar jika ingin menjadi juara Grup A Piala AFF 2022. Jika sukses mengunci puncak klasemen Grup A, timnas Indonesia akan mendapat berbagai keuntungan seperti waktu istirahat lebih lama hingga memainkan leg kedua semifinal Piala AFF 2022 di kandang.

Namun, jika lolos sebagai runner up Grup A, timnas Indonesia berpotensi bertemu tim kuat Vietnam pada semifinal Piala AFF 2022. Berbagai skenario di atas tidak lepas dari kondisi klasemen Grup A dan Grup B saat ini. (*)

Bagaimana Menurut Anda