Pertama Kali, Bilal Mayit di Padangsidimpuan Terima Tali Asih

660

PADANGSIDIMPUAN-SUMUT, BERITAANDA – Pemerintah Kota (Pemkot) Padangsidimpuan di bawah kepemimpinan Irsan Efendi Nasution untuk pertama kalinya ternyata telah menampung anggaran dan memberikan tali asih kepada seluruh bilal mayit yang tersebar di setiap dusun dan lingkungan.

Hal ini terungkap saat acara jumpa pers dan buka bersama Pemkot Padangsidimpuan dengan insan pers, bertempat di pendopo kantor Walikota Padangsidimpuan, Rabu (29/5/2019).

Diketahui ada 495 orang bilal mayit laki-laki dan perempuan penerima tali asih pada tahun anggaran 2019.

Kepada wartawan, Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution menuturkan, bilal mayit merupakan pekerjaan mulia, karena menunaikan fardhu kifayah setiap umat Islam yang meninggal dunia. Dan alhamdulillah, walau baru sekarang, pemkot sudah bisa memberi perhatian kepedulian kepada mereka para bilal mayit.

“Tali asih yang diserahkan di tahap pertama tahun 2019 ini total sebesar Rp148.500.000, atau Rp300 ribu per orang. Hari pertama penyerahannya, Senin (27/5/2019), telah dimulai di Kecamatan P.Sidimpuan Utara sebanyak 103 orang bilal mayit, Kecamatan P.Sidimpuan Selatan 126 orang dan Kecamatan P.Sidimpuan Angkola Julu 31 orang lagi,” ujar dia.

Berikutnya di hari kedua tepatnya pada Selasa (28/5/2019), sambung Irsan, tali asih juga telah diserahkan kepada 76 bilal mayit di Kecamatan P.Sidimpuan Tenggara, 87 bilal mayit di Kecamatan P.Sidimpuan Bataunadua, ditambah 72 bilal mayit di Kecamatan P.Sidimpuan Hutaimbaru .

Walikota pun berharap, agar para bilal mayit tidak memandang jumlah tali asih yang diterima. “Kita peduli keikhlasan dan tanggung jawab bapak ibu para bilal mayit. Tali asih ini akan berkesinambungan dan akan ada penyaluran tahap kedua,” jelas Irsan.

Kepala Dinas Sosial Pemerintah Kota Padangsidimpuan, Sopian Subri Lubis mengamini, bahwa tali asih bagi para bilal mayit ini baru pertama kalinya ditampung di APBD. Jumlahnya tidak begitu besar, karena harus disesuaikan dengan kondisi keuangan daerah.

Selain itu, Sopian menjabarkan, semenjak kepemimpinan Walikota Irsan Efendi Nasution dan Wakil Wali Kota Arwin Siregar, aspek-aspek sosial kemasyarakatan di Kota Padangsidimpuan terasa jauh lebih mendapat perhatian.

“Perhatian untuk bilal mayit ini, merupakan bagian dari Gerakan Sidimpuan Berkarakter, Bersih, Aman dan Sejahtera (Gesid Bersinar) yang diprogramkan walikota dan wakil walikota dalam rangka membangun dan memajukan Padangsidimpuan,” terangnya. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda