Peringati HLHS, Dinas Lingkungan Hidup OKI Gelar Berbagai Perlombaan

93

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Dalam rangka peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) tahun 2021, Dinas Lingkungan Hidup [DLH] Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) gelar sejumlah lomba tingkat SD, SMP dan SMA sederajat se-Kabupaten OKI.

Pada lomba baca puisi, melukis, fashion 3R dan musik lingkungan yang digelar DLH OKI ini diikuti 78 orang peserta terdiri 42 pelajar SD, 23 pelajar SMP dan 13 pelajar SMA. Dimana lomba dilakukan tak tatap muka.

“Dimulai dari 5-8 April 2021, peserta kirimkan video karya masing-masing. Dan khusus lomba lukis peserta menyampaikan hasil lukisannya ke DLH OKI,” ujar Nurwandi, SP, Kabid Penaatan dan Peningkatan Kapasitas DLH OKI, Kamis [22/4]

Karena saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19, jadi dilaksanakan seperti itu. Kata dia lagi, dewan juri pun menilai hasil karya para peserta melalui rekaman video yang dibuatnya, dan khusus lomba lukis dinilai secara aktual/langsung karyanya.

“Setelah melalui proses penilaian, dari 78 orang peserta mengikuti lomba, hanya 29 menjadi pemenang dan mendapatkan hadiah berupa tropi, piagam penghargaan dan uang pembinaan,” terang dia.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) OKI, Drs H Alamsyah, M.Si menegaskan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) tingkat kabupaten tahun 2021.

“Kepada seluruh sekolah yang telah berpartisipasi mengikuti lomba-lomba dalam memperingati HLHS 2021 ini, kami mengucapkan terima kasih. Karena kita tahu saat kondisi seperti ini cukup jadi kendala mengkoordinir siswanya,” ujar dia.

Tetapi perlu diketahui dalam peringati HLHS, Kabupaten OKI juga ikuti lomba-lomba yang dilakukan di tingkat provinsi. Kata dia lagi, maka pemenang pertama lomba tingkat kabupaten ini, karyanya telah kami kirimkan ke DLH Provinsi Sumatera Selatan untuk ikuti lomba tingkat provinsi pada 15 April 2019.

“Tujuan diadakan lomba ini adalah guna menggugah kesadaran masyarakat, khususnya siswa di sekolah-sekolah akan pentingnya menjaga lingkungan hidup dan keanekaragaman hayati, serta agar anak-anak sejak dini dapat mengenal lingkungan yang indah dan bersih,” pungkas dia. [Iwan]

Bagaimana Menurut Anda