Pengda AKP2I Jambi Gelar Seminar Perpajakan Pertama Kali

544

JAMBI, BERITAANDA – Pengurus Daerah (Pengda) Asosiasi Konsultan Pajak Publik Indonesia (AKP2I) Jambi menggelar seminar perpajakan dalam penyusunan SPT tahunan pajak penghasilan badan dan rekonsiliasi fiskal, Sabtu (19/1/2019), di Hotel Odua Weston Jambi.

Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Ketua Umum AKP2I Suherman Saleh, serta didampingi Ketua Umum Pengda AKP2I Jambi Muhammad Nasir serta para narasumber.

Dikatakan oleh Suherman Saleh, di awal tahun 2019 ini AKP2I menggelar kegiatan berupa seminar. Hal ini dilaksanakan oleh pengurus daerah dari Jambi.

Kegiatan seminar diselenggarakan AKP2I ada 3 (tiga) yang harus diketahui, pertama bagi para peserta seminar arti dari peranan konsultan pajak sesuai dengan PMK111, di dalam PMK111 disebutkan pertama yang boleh mewakili wajib pajak harus mempunyai berupa brevet A, B, dan brevet C.

Kedua, peserta juga harus mengetahui dalam pengisian SPT itu harus mempunyai kejelian dan memerlukan pengetahuan yang lengkap. Sehingga wajib pajak tidak salah dalam pengisian SPT tersebut.

“SPT itu merupakan surat pemberitahuan tahunan yang berisikan tentang objek pajak, ini harus diketahui kalau salah dalam pengisian maka sama dengan mengundang pemeriksa wajib pajak,” jelasnya.

Pemeriksaan wajib pajak itu pada umumnya hampir 90 persen wajib pajak melakukan berupa kesalahan dalam pengisian SPT tersebut.

“Tujuan utama dari AKP2I mengemban tugas dalam mensukseskan, pertama wajib pajak dapat membayar pajak sesuai dengan ketentuan UU serta peraturan yang mendukungnya. Kedua, kita mencoba para pegawai pajak harus menerapkan UU dan peraturannya,” terangnya.

AKP2I Pusat telah menilai bahwa perpajakan di Jambi cukup baik, serta dalam pelayanan pajak sudah dibuka dua kantor.

Ditambahkan oleh Muhammad Nasir, bahwa kegiatan seminar yang diselenggarakan oleh AKP2I Jambi di awal tahun 2019 ini merupakan kegiatan seminar pertama kali diselenggarakan. Dimana para peserta yang mengikuti seminar ada sebanyak 116 orang yang berasal dari perwakilan perusahaan, BUMN, BUMD. Juga beberapa Pengda seperti AKP2I Medan, Padang, Palembang, Jakarta, Semarang dan Manokwari Papua ikut dalam seminar tersebut. (Inro)

Bagaimana Menurut Anda