Pemkot Gunungsitoli Peringati Hari Pahlawan ke-74

175

GUNUNGSITOLI-SUMUT, BERITAANDA – Pemerintah Kota (Pemkot) Gunungsitoli melaksanakan upacara penaikan bendera dalam rangka memperingati Hari Pahlawan ke-74, Ahad (10/11/2019).

Upacara diikuti oleh segenap Unsur Forkopimda Kota Gunungsitoli, Wakil Walikota Gunungsitoli, Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli, perwira TNI/Polri beserta segenap ASN lingkup Pemerintah Kota Gunungsitoli. Sementara yang bertindak selaku inspektur upacara adalah Walikota Gunungsitoli, Lakhomizaro Zebua.

Sambutan Menteri Sosial RI yang dibacakan Walikota Gunungsitoli Ir. Lakhamizaro Zebua, menghimbau segenap peserta upacara untuk memaknai peringatan Hari Pahlawan yang digelar setiap tahunnya ini sebagai momentum untuk dapat mengingat dan menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan kita.

“Sebagaimana pesan dari Presiden Pertama RI Ir. Soekarno, yaitu bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya,” ujarnya.

Selanjutnya, walikota mengajak seluruh peserta upacara untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan bangsa, dengan aksi nyata dalam memperkuat keutuhan NKRI, saling tolong-menolong dan meningkatkan kepedulian terhadap sesama, tidak menyebarkan isu hoax, memprovokasi massa dan anarkis serta tindakan lainnya yang dapat merongrong persatuan dan kesatuan bangsa.

“Kita sebagai generasi penerus bangsa hendaknya mewarisi semangat kepahlawanan para pendahulu kita, tidak harus dengan mengorbankan harta benda dan nyawa ataupun mengangkat senjata mengusir penjajah, akan tetapi kita sebagai pahlawan masa kini hendaknya bisa mengukir prestasi dengan membawa harum nama bangsa Indonesia di mata internasional,” himbaunya.

Upacara penaikan bendera berlangsung khidmat, yang turut dihadiri oleh Ketua dan Wakil Ketua TP.PKK Kota Gunungsitoli, Ketua Persit Candra Kirana Kodim 0213/Nias, Ketua DWP Kota Gunungsitoli, Staf Ahli Walikota dan Asisten Sekretaris Daerah, mewakili Kementerian Agama Kota Gunungsitoli, Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kota Gunungsitoli.

Usai pelaksanaan upacara, Walikota dan Wakil Walikota Gunungsitoli bersama dengan segenap Unsur Forkopimda Kota Gunungsitoli bertolak menuju Taman Makam Pahlawan Desa Mudik, guna melaksanakan upacara ziarah nasional dalam rangka menghormati arwah para pahlawan yang telah gugur.

Bertindak selaku inspektur upacara pada ziarah nasional ini adalah Dandim 0213/Nias, Lobuan Simbolon. (Ganda)

Bagaimana Menurut Anda