Pemkab Tubaba Kembali Salurkan Bantuan Beras Periode November

45

TULANG BAWANG BARAT, BERITAANDA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulang Bawang Barat (Tubaba) kembali menyalurkan bantuan cadangan pangan tahap II periode November berupa beras, berlangsung di Gedung Bulog Menggala, Senin (16/10/2023).

Didampingi Kadis Ketahanan Pangan dan Sosial, Penjabat (Pj) Bupati Tubaba Drs. M. Firsada melakukan pengecekan sekaligus melepas keberangkatan distribusi beras cadangan pangan ke seluruh kecamatan di Kabupaten Tubaba.

“Mengingat dampak Elnino menjadi kemarau panjang, jadi kita memastikan ketersediaan bahan pokok dan sembako terutama beras sebagai komoditas,” ucap Pj. Bupati.

Firsada mengatakan, penerima bantuan berdasarkan data BNBA (by name by address) dari Kementerian Sosial, dimana untuk Kabupaten Tubaba jumlah penerima 20.410 KPM (keluarga penerima manfaat).

“Masing-masing KPM mendapatkan beras sebanyak 10 Kg, sehingga total kuantum yang disalurkan sebanyak 204.100 Kg,” katanya.

“Beras yang digunakan adalah beras CBP (cadangan beras pemerintah) yang berada di Gudang Bulog dengan kualitas medium dalam kemasan 10 Kg,” terang dia lagi.

Sementara itu, saat dikonfirmasi di lokasi, Pimpinan Perum Bulog KCP Menggala Dani Wage Tantri mengatakan, penyaluran dilaksanakan Perum Bulog KCP Menggala yang membawahi tiga kabupaten, yakni Kabupaten Tulang Bawang, Tubaba dan Mesuji.

“Perum Bulog di tiga Kabupaten tersebut mempunyai dua kompleks pergudangan yaitu Gudang Pagar Dewa dan Gudang Wonosari,” jelas dia.

Dia menegaskan, Bulog bertanggung jawab dalam penyediaan stok beras untuk bantuan pangan sesuai kuantitas dan kualitas yang ditentukan Badan Pangan Nasional.

“Untuk pelaksana distribusi adalah pihak transporter, dimana untuk Provinsi Lampung pelaksanaannya adalah PT JPL (Jasa Prima Logistik),” pungkas dia. (Wawan)

Bagaimana Menurut Anda