Pemkab Sergai Adakan Rakor Pemerintahan dan Pembangunan

140

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) selenggarakan rapat koordinasi (rakor) pemerintahan dan pembangunan, bertempat di aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Senin (9/3/2020).

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman mengatakan, pelaksanaan program kegiatan harus melalui perjanjian kinerja agar hasil yang diraih sesuai dengan indikator-indikator terukur. Dengan cara seperti itu, maka kegiatan tahun sebelumnya bisa kita ketahui, dan kegiatan yang sekarang dilaksanakan punya target capaian yang jelas, yang tentu saja mencakup output dan outcome yang juga terukur.

Jika untuk tahun 2019, Kabupaten Sergai meraih predikat B di bidang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). Ia berharap untuk periode 2020, Sergai dapat meningatkan raihan menjadi BB.

“Kita bisa lebih baik dengan meraih nilai BB jika sama-sama berkomitmen meningkatkan kinerja. Mari berharap dan berusaha agar kita tidak berpuas diri pada kinerja yang sudah diperbuat. Dan gelaran Sensus Penduduk tahun 2020 yang sedang dalam tahap pendataan online, mudah-mudahan saja dengan sudah bertambahnya media pendataan saat ini, dimana penduduk sudah dapat mengunggah data kependudukan secara online, maka target jumlah partisipan lebih banyak dibanding pendataan manual di lapangan,” jelas dia.

Bupati mengimbau kepada peserta rapat, terutama kepada Dinas Kesehatan agar bertindak cermat dan tepat menghadapi pandemi virus corona yang dikabarkan sudah masuk ke wilayah Indonesia.

“Jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Sergai sudah memiliki program Gemes atau Gerakan Empati Masyarakat Sakit, serta Germas atau Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Dinkes harus lebih proaktif dalam sosialisasi kepada khalayak ramai, khususnya di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat untuk selalu menerapkan pola hidup sehat dan bersih. Namun di atas semua itu, masyarakat mesti tenang dan jangan panik berlebihan menanggapi informasi yang berkembang yang tidak seluruhnya benar,” tegas dia.

Proses pemeriksaan yang sedang dilaksanakan oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) juga menjadi perhatian bupati. Sekaligus ia meminta kepada seluruh Kepala OPD dan camat agar ikut bekerja dan kooperatif dalam menyelesaikan berkas-berkas yang dibutuhkan BPK, agar hasil pemeriksaan sesuai dengan target yang ditentukan oleh BPK Provinsi Sumut.

“Kabar baik dari Walikota Banjarmasin yang berencana hadir secara langsung ke Kampung Banjar yang terletak di Kecamatan Sei Bamban. Walikota Banjarmasin bersama dengan saya selaku penerima penghargaan Anugerah Kebudayaan dari PWI berencana hadir untuk menjenguk warga Banjar yang ada di Kampung Banjar. Bersama dengan kampung Batak dan Bali, Kampung Banjar sedang dalam pencanangan untuk diresmikan sebagai salah satu bentuk pelestarian budaya dan destinasi wisata di Kabupaten Sergai,” pungkas bupati.

Pada acara tersebut juga dihadiri oleh Ketua KPUD Sergai Erdian Wirajaya, Kepala BPS Sergai Herman, SE, M.Si, Perwakilan Bulog Divisi Regional I Sumatera Utara, para asisten, staf ahli, para Kepala OPD dan jajaran camat se-Kabupaten Sergai. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda