Pemkab Nias Gelar Sosialisasi Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa

5

NIAS-SUMUT, BERITAANDA – Pemerintah Kabupaten Nias menggelar koordinasi pemerintahan desa sekaligus sosialisasi tentang prioritas penggunaan dana desa, yang dilaksanakan di Gedung Salak Madu, Gunungsitoli,  Selasa (9/2).

Dalam laporannya, Sekretaris Dinas PMD Kabupaten Nias F. Yaman Lase mengungkapkan, kegiatan rapat koordinasi pemerintahanan desa dan sosialiasi tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2021 ini bertujuan untuk menyampaikan informasi tentang pengelolaan dana desa serta mensosialisasikan prioritas penggunaan anggaran dana desa tahun 2021.

“Untuk tahun anggaran 2020, dari 170 desa ada 169 desa yang telah melaksanakan pencarian dana 100% dan hingga saat ini baru 32 desa yang telah menyampaikan pentangung jawaban APBDes-nya,” tuturnya lebih lanjut.

Wakil Bupati Nias Arosokhi Waruwu SH, MH menyampaikan jumlah penerimaan dana desa dari pusat khusus tahun 2021 dana desa yang kita dapatkan dari pemerintah pusat sebesar Rp 179.544.025.000. Pengelolaan dana desa tahun ini diprioritaskan untuk pemulihan ekonomi serta penyaluran bantuan langsung tunai kepada masyarakat sebesar Rp 300.000 / bulan selama 12 bulan.

“Ada beberapa perubahan regulasi di tahun 2021, untuk itu saya berharap melalui kegiatan ini para kepala desa dapat memahami regulasi yang baru,” pungkasnya.

Dari pantauan awak media ini, tampak hadir Sekda Kabupaten Nias, Kadis PMD, para Kepala OPD, para Camat, kepala desa serta Ketua BPD se-Kabupaten Nias dan para undangan lainnya.

Adapun narasumber dalam kegiatan tersebut yakni Kadis PMD Kabupaten Nias, Inspektur Kabupaten Nias dan Kepala BPKAD. [Ganda]

Bagaimana Menurut Anda