Pelatihan Budidaya Udang Vaname di Brigif -4 Marinir/BS Resmi Ditutup

287

PESAWARAN-LAMPUNG, BERITAANDA – Brigade Infanteri 4 Marinir/BS (Brigif -4 Mar/BS) melaksanakan penutupan upacara pelatihan budidaya pertanian laut udang vaname, di Balai Prajurit (Bapra) Brigif 4 Mar/BS, Padang Cermin, Pesawaran, Lampung, Selasa (30/4/2019).

Sebelum dilaksanakannya upacara penutupan, para peserta yang terdiri dari masyarakat, prajurit Kima Brigif 4 Mar/BS, Yonif 7 Mar, Yonif 9 Mar dan Lanal Lampung, sebelumnya telah melaksanakan pelatihan selama 2 (dua) hari di Bapra dan Kima Brigif 4 Mar/BS.

Para peserta telah menerima pelajaran-pelajaran yang telah diberikan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung serta dari Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Negeri Kotaagung.

Kegiatan digelar bertujuan untuk memberikan pembekalan pengetahuan dan keterampilan bagi para prajurit serta masyarakat mengenai cara budidaya hasil laut udang vaname yang baik dan benar, sehingga diharapkan dalam pengembangan budidaya akan lebih meningkat dan mengurangi angka kegagalan, yang akhirnya dapat memperoleh keuntungan yang lebih besar, guna meningkatkan taraf hidup yang lebih sejahtera.

Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han) melalui Aspotmar Kormar Kolonel Mar Baedhowi Oktafidia mengatakan, Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki sumber daya alam yang sangat besar, dengan kekayaan keanekaragaman hayati dan ekosistem yang melimpah, termasuk di dalamnya potensi perikanan dan hasil laut seperti halnya udang vaname.

“Udang paname tersebut menjadi salah satu komoditas unggulan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, karena selain memiliki pangsa pasar yang luas dan didukung juga oleh investor yang banyak, sehingga budidaya udang vaname ini sangat menjanjikan dan menguntungkan,” tegas dia.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Dankormar mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada panitia penyelenggara, instruktur dari Dinas Perikanan Lampung dan semua pihak yang terkait langsung maupun tidak langsung, atas bantuannya sehingga kegiatan pelatihan budidaya pertanian hasil laut udang vaname di Brigif 4 Mar/BS dapat terlaksana dengan baik dan lancar sesuai yang diharapkan.

Dankormar juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan partisipasinya serta ucapan selamat untuk para peserta pelatihan, semoga dengan bekal pelatihan ini dapat membawa manfaat yang besar bagi diri sendiri serta seluruh keluarga.

Dalam upacara penutupan tersebut dihadiri oleh Aspotmar Kormar Kolonel Mar Baedhowi Oktafidia beserta jajaran Spotmar Kormar, Wadan Brigif 4 Mar/BS Letkol Mar Datuk Sinaga, para Pastaf Brigif 4 Mar/BS, Dankima Brigif 4 Mar/BS, Wadan Yonif 9 Mar, para narasumber dari SUPM Negeri Kotaagung, para peserta dan para tamu undangan.

Usai pelaksanaan upacara tersebut, Aspotmar Kormar juga memberikan paket bioflok untuk para peserta pada setiap kelompok yang telah dibentuk. Selain itu, seluruh peserta juga menerima sertifikat pelatihan budidaya pertanian laut udang vaname tahun 2019 yang telah diselenggarakan di Brigif 4 Mar/BS.

Disamping itu, Wadan Brigif 4 Mar/BS dan Pasintel Brigif 4 Mar/BS memberikan arahan kedepan para peserta tentang upaya keberhasilan dalam pelaksanaan budidaya udang vaname nantinya. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda