Pelatihan Budi Daya Udang Vaname Digelar di Sarang Petarung Harimau Sumatera Brigif-Mar/BS

840

PESAWARAN-LAMPUNG, BERITAANDA – Pelatihan budi daya pertanian laut udang vaname dibuka secara langsung oleh Asisten Potensi Maritim Korps Marinir Kol.Mar Bhaedowi Oktavidia, bertempat di Gedung Balai Prajurit Brigif-4 Mar/BS Piabung, Pesawaran, Lampung, Senin (29/4/2019).

Aspotmar Kol.Mar Bhaedowi saat menyampaikan sambutan Dankormar Mayjen TNI Mar Suhartono M.Tr.Han menyampaikan, kegiatan pelatihan budi daya perikanan laut yang merupakan wujud kepedulian TNI ini diselenggarakan untuk memberikan keterampilan kepada prajurit TNI, PNS, serta anggota masyarakat sekitar guna memberikan bekal pengetahuan dan ketrampilan tentang tata cara budi daya udang vaname secara baik dan benar. Sehingga dapat menciptakan peluang usaha yang mandiri dalam kehidupan masyarakat sehari-hari, yang akhirnya mampu meningkatkan taraf hidup yang lebih layak.

“Untuk diketahui, Indonesia adalah negara kepulauan dengan potensi sumber daya alam yang sangat besar, termasuk di dalamnya potensi perikanan dan hasil laut seperti halnya udang vaname,” ujarnya lagi.

Dijelaskan dia, sesuai data BPS bahwa ekspor udang Indonesia dalam 5 tahun terakhir tumbuh mencapai rata-rata 6,43% dengan nilai ekspor sekitar 1,46 milyar US$. Dimana dari nilai komoditas udang tersebut yang paling banyak adalah udang vaname, yang sering disebut elvanamel, sehingga menjadi komoditas unggulan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk digalakkan dan dikembangkan.

“Oleh karena itu, TNI AL khususnya melalui Korps Marinir yang merupakan bagian dari TNI AL, berupaya untuk mendukung kebijakan pemerintah tersebut melalui kegiatan pelatihan ini, sekaligus pelaksanaan fungsi untuk memberdayakan wilayah pertahanan laut sesuai UU Nomor 34 Tahun 2004,” terangnya.

Diakhir sambutannya, Kol.Mar Bhaedowi menyematkan tanda pelatihan secara simbolis kepada peserta.

Kegiatan yang diikuti peserta lebih kurang 300 orang dengan dana sebesar Rp574.580.000 itu dihadiri antara lain Wadan Brigif – 4 Mar/BS Letkol Mar Datuk Sinaga, Pasintel Brigif-4 Mar/BS Letkol Mar Imanda, Pasintel Yon-7 Mar Letda Mar A.Yani, Danlanud, Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung Toga Mahaji, Bupati Kabupaten Pesawaran, Kapolsek Padang Cermin, serta Danramil Padang Cermin. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda