Pasukan Taifib Korps Marinir Berhasil Menyusup Daerah Musuh

22

KEPULAUAN RIAU, BERITAANDA – Prajurit Batalyon Intai Amfibi 1 Marinir (Yontaifib 1 Mar) yang tergabung dalam Latihan Operasi Amfibi (Latopsfib) melakukan penyusupan dengan cara infiltrasi dengan senyap ke daerah musuh secara rahasia melalui media udara dan laut pada malam hari yang  terdiri dari 3 tim Yontaifib 1 Mar, yaitu Tim Alpha, Bravo dan Charlie dengan tugas yang berbeda-beda di Dabosingkep Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau, Sabtu (23/10).

Pada hari H-2 sekitar pukul 22.00 WIB, Tim Alpha dan Bravo melaksanakan combat free fall di bawah pimpinan Lettu Marinir Kukuh Hadi Wiratama selaku Komandan Tim (Dantim) secara bergantian melompat keluar dari badan pesawat Cassa U – 6211 dari ketinggian 6.000 feet, dan berhasil mendarat dengan sempurna di wilayah musuh.

Menjelang hari H, Tim Charlie pukul 03.00 WIB melaksanakan konfirmasi pantai atau disebut dengan fredoom recon di bawah pimpinan Letda Marinir Hendri Setiawan.

Penyusupan tersebut merupakan kegiatan pendahuluan dari operasi yang lebih besar dalam rangka penyerbuan ke daerah yang dikuasai musuh.

Komandan Batalyon Intai Amfibi 1 Marinir (Danyontaifib 1 Mar) Letkol Marinir Mohammad Abdilah, M Tr. Opsla mengatakan bahwa ke tiga tim tersebut melaksanakan infiltrasi secara rahasia pada malam hari untuk menghindari pendeteksian dari musuh.

Kemudian Tim Taifib akan melakukan tugas utama yaitu mengkonfirmasi sasaran Pasrat, sasaran Kogasfib dan Landing Zone (LZ).

“Keikutsertaan Prajurit Yontaifib 1 Korps Marinir pada Latopsfib tahun 2021, dengan harapan dapat mewujudkan kesiapsiagaan operasional satuan dalam menghadapi setiap ancaman yang mengganggu stabilitas Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tegas Letkol Marinir Mohammad Abdilah, M Tr. Oplsa.

Turut menyaksikan pada kegiatan latihan tersebut Asintel Dankormar, Asops Dankormar, Aslog Dankormar, Kadiskomlek Kormar, Kadispen Kormar, dan para perwira dijajaran Korps Marinir Lainnya. [Katrine]

Bagaimana Menurut Anda