Pangdam II/Sriwijaya Pimpin Sertijab Danrem 043/Gatam

100

BANDAR LAMPUNG, BERITAANDA – Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi memimpin langsung upacara serah terima jabatan (sertijab) Komandan Korem (Danrem) 043/Garuda Hitam (Gatam) dari pejabat lama Brigjen TNI Drajad Brima Yoga SIP MH kepada pejabat baru Kolonel Inf. Ruslan Effendi, Selasa (15/2), di Gedung Sudirman Makodam II/Sriwijaya Jalan Jend. Sudirman KM 2,5  Kecamatan Ilir Timur 1 Palembang, Sumatera Selatan.

Prosesi upacara sertijab Danrem 043/Gatam ditandai dengan penyerahan tanda jabatan dan tongkat komando serta tunggul Korem 043/Gatam oleh Pangdam kepada pejabat baru Kolonel Inf. Ruslan Effendi.

Kolonel Inf Ruslan Effendi adalah lulusan Akabri tahun 1991 sebelumnya berdinas sebagai Dosen Utama Seskoad. Sementara Brigjen TNI Drajad Brima Yoga akan pindah dan bertugas sebagai Danpusdikter Pusterad.

Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Brigjen TNI Drajad Brima Yoga atas pelaksanaan tugas dan pengabdian yang begitu besar selama menjabat sebagai Danrem 043/Gatam.

“Ucapan yang sama juga saya sampaikan kepada Ny. Epie Drajad Brima Yoga yang telah mendampingi suami selama berdinas di Kodam II/Sriwijaya, serta memimpin organisasi Persit Kartika Candra Kirana Koorcabrem 043/Gatam PD II/Sriwijaya dengan baik,” kata Pangdam.

“Tidak lupa, kita semua yang hadir di tempat ini turut mendoakan, semoga Brigjen TNI Drajad Brima Yoga yang akan melaksanakan tugasnya sebagai Danpusdikter Pusterad dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan selalu sukses dalam mengemban amanah dari negara,” ujar Pangdam.

Selanjutnya Pangdam juga mengucapkan selamat kepada Kolonel Inf Ruslan Effendi beserta istri, atas kehormatan dan kepercayaan yang diberikan oleh pimpinan untuk menjabat sebagai Danrem 043/Gatam dan sebagai Ketua Persit di satuannya.

Pangdam menjelaskan bahwa jabatan pada hakikatnya merupakan sebuah amanah dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala, yang nantinya akan dipertanggung jawabkan kepadanya.

“Saya berharap amanah ini dapat diemban dengan sebaik-baiknya, jangan pernah ragu untuk melanjutkan dan meningkatkan hal-hal  positif yang telah dirintis oleh pejabat sebelumnya, serta berikan warna baru yang lebih segar dan positif bagi satuannya,” ungkapnya.

Sebagaimana dipahami bahwa Korem 043/Gatam merupakan subkompartemen strategis matra darat yang bersifat kewilayahan, dengan tugas pokok menyelenggarakan pembinaan kemampuan, kekuatan dan gelar kekuatan, menyelenggarakan pembinaan teritorial untuk menyiapkan wilayah pertahanan darat di wilayah Provinsi Lampung dalam rangka mendukung tugas pokok Kodam II/ Sriwijaya.

Kegiatan sertijab dirangkai dengan acara tradisi pelepasan pejabat yang akan meninggalkan Kodam II/Sriwijaya, yang ditandai dengan penghormatan kepada Pataka Kodam II/Sriwijaya, pengalungan bunga dan bunga tangan.

Hadir salam acara sertijab tersebut Kasdam II/Sriwijaya Brigjen TNI Gumuruh Winardjatmiko SE MBA, Kapok Sahli Pangdam II/Sriwijaya Brigjen TNI Muchamad Bayu Hartomo SH, para Danrem 041/Gamas sampai Danrem 045/Gaya jajaran Kodam II/Sriwijaya, Asrendam II/Sriwijaya Kolonel Inf. Didik Purwanto, para Asisten Kasdam II/Sriwijaya, para Dan/Kabalak Dam II/Sriwijaya, LO TNI AL dan AU Kodam II/ Sriwijaya, para Dandim jajaran, Danyon jajaran Kodam II/Sriwijaya dan Ketua / Wakil Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana PD II/Sriwijaya.

Pelaksanaan acara sertijab kali ini diselenggarakan dengan tetap mengacu pada protokol kesehatan (prokes) yang berlaku di tengah wabah virus corona (Covid-19). (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda