Pampangan Jadi Tuan Rumah MTQ, Bangkitkan Perekonomian Lokal

550

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Masyarakat Pampangan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) berterima kasih kepada pemerintah kabupaten (pemkab) setempat yang telah memberikan kepercayaan kepada Kecamatan Pampangan untuk menjadi tuan rumah gelaran MTQ ke-29 tingkat Kabupaten OKI 2020.

“Terima kasih kepada Pak Bupati atas kepercayaannya. Semoga kegiatan ini juga bisa ikut mendorong gerak perekonomian masyarakat kami dengan kehadiran banyak orang ke Pampangan,” kata tokoh masyarakat pampangan, KH. Khoiri, HZ, Rabu (19/2/2020).

Khoiri optimistis, kegiatan MTQ bisa ikut menggerakkan perekonomian lokal.

Selama sepekan berlangsungnya MTQ, juga digelar pameran produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Selain mensyiarkan agama, ada potensi ekonomi lokal. UMKM lokal menampilkan berbagai jenis produk, termasuk kuliner lokal setempat,” katanya.

Menurut dia, seribuan peserta dan pendamping dari seluruh OKI itu menetap di rumah-rumah warga setempat.

“Selain tentu ada jalinan silaturahmi antara warga kami dengan para kafilah. Sekali lagi kami berterima kasih kepada Pak Bupati,” kata dia.

MTQ ke-29 Kabupaten OKI yang dipusatkan di lapangan bola Kecamatan Pampangan dibuka langsung oleh Bupati OKI, H. Iskandar, SE.

Dalam kesempatan itu, Bupati OKI Iskandar berpesan kepada segenap kafilah untuk menjadikan momentum MTQ sebagai ajang menguatkan silaturahmi.

“Jadi bukan soal perlombaan atau menang kalah, namun syiar agama dan kebersamaan ukhuwah islamiyah yang kita jaga,” ungkap Iskandar.

Selain itu, Iskandar juga menyorot dampak sosial kemasyarakatan atas digelarnya kegiatan ini, termasuk dampak ekonomi bagi warga sekitar.

“Bukan sekadar seremonial atau rutinitas dilakukan setiap saat. Ada fungsi sosial dengan diinapkannya para kafilah di rumah-rumah warga, serta dampak ekonomi bagi warga sekitar,” imbuhnya. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda