Oknum Honorer Curi Lemari Es di Kantornya Sendiri

20

PALEMBANG, BERITAANDA – Oknum honorer terlibat aksi pencurian satu unit showcase atau lemari es merek Polytron di kantornya, Biro Umum dan Perlengkapan Sekda Provinsi Sumsel pada Rabu (6/9) sekira pukul 15.00 WIB.

Atas kejadian tersebut, pelaku Teddy Saputra diamankan anggota Buser Polsek Ilir Timur l Palembang, Ahad (12/9) malam. Kini, polisi mengejar satu tersangka lainnya atas nama Hopin Nuzul Asdain alias Opin (DPO), oknum ASN.

Selain pelaku, polisi juga ikut mengamankan barang bukti hasil kejahatan berupa satu unit showcase merek Polytron, dan satu unit mobil Suzuki carry pickup yang digunakan untuk mengangkut hasil kejahatan yang disewa kedua tersangka.

Kapolsek IT I AKP Ginanjar Aliya Sukmana SIK M.Si didampingi Wakapolsek IPTU Marselinus Pati mengatakan, pelaku pencurian di kantor pemerintah provinsi sudah ditangkap.

“Pelakunya ada dua, ada statusnya honorer yang kita tangkap. Sedangkan satunya DPO, juga ASN yang masih aktif. Keduanya bekerjasama dalam pencurian itu,” ujar Ginanjar, Senin (13/9) usai rilis di Mapolsek IT I.

Lanjut Ginanjar, saat melancarkan aksinya di kantor tersebut, masuk harus menggunakan pinjer print.

“Pelaku Opin yang bisa membuka pintu melalui pinjer print dirinya. Sedangkan di Teddy mengawasi situasi. Mereka mengaku pada penjaga disana bahwa lemari es ini milik mereka, dan akan dibawa ke luar kantor,” jelasnya.

Masih kata Ginanjar, pelaku akan dijerat dengan Pasal 363 KUHP. “Atas kejadian ini, Biro Umum Dan Perlengkapan Provinsi Sumsel mengalami kerugian sekitar Rp 3,5 juta,” tutupnya.

Sementara Teddy saat ditanya mengakui perbuatannya. “Lamari es kami jual seharga Rp 1,5 juta, dan uangnya dibagi dua. Saya mendapat bagian sebesar Rp 400 ribu. Uang itu saya pakai untuk kebutuhan sehari-hari saja,” jelasnya. [Febri]

Bagaimana Menurut Anda