Musda Partai Demokrat Lampung Usulkan Dua Nama Calon Ketua

6

BANDAR LAMPUNG, BERITAANDA – Usai melaksanakan musyawarah daerah (musda) di Hotel Sheraton Bandar Lampung, Ketua Badan Pembinaan Organisasi Keanggotan dan Kaderisasi (BPOKK) DPP Demokrat, Herma Khaeron, mengusulkan dua nama calon sebagai Ketua DPD Demokrat Lampung.

Sesuai dalam mekanisme KDRT Partai Demokrat tahun 2020 dan Peraturan Organisasi 02 Tahun 2021, ada tiga tahapan dalam pelaksanaan musda. Yang pertama adalah pramusda yang telah dilewati yaitu persiapan dan penjaringan.

“Kemudian tahap pelaksanaan musda yakni seperti sidang pleno 1 sampai pernyataan komisioner terhadap kepengurusan 2016 -2021,” kata Herman kepada awak media, Senin (25/10).

Setelah itu, katanya, masuk dalam fase pleno tahap kedua terkait dengan pembahasan terhadap materi dalam sidang – sidang komisi yang kemudian menyerahkan dokumen pada pleno ketiga ditetapkan bakal calon.

“Syarat utama bakal calon adalah kader Partai Demokrat dengan mendapatkan dukungan minimal 20 persen dan telah ditetapkan oleh BPOKK. Kemudian diangkat ke pleno ketiga, dan ditetapkan oleh pemilik suara. Setelah itu diusulkan ke tahap ketiga yaitu penetapan calon,” terang dia lagi.

Selanjutnya, dikatakan dia, DPD Partai Demokrat Lampung telah mengangtongi dua nama calon yang diusulkan ke DPP Partai Demokrat.

“Saat ini ada dua nama calon, yakni Ridho Ficardho dan Edy Irawan Arif untuk sama-sama diusulkan ke Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat untuk pengujian kelayakan dan kepatutan yang dilaksanakan Tim III yaitu Ketua Umum, Sekjen, dan Kepala BPOKK. Sementara itu penetapan Ketua DPD Partai Demokrat, kami menunggu penjadwalan selanjutnya,” jelas dia.

“Saat ini sedang penjadwalan, karena ini juga kan musda ke 15 se-Indonesia, sehingga ada jadwal – jadwal yang harus disesuaikan, mungkin sekitar pekan pertama bulan November,” pungkas dia. [Katrine]

Bagaimana Menurut Anda