Mobile Laboratory BSL-2 Resmi Beroperasi di Palembang

51

PALEMBANG, BERITAANDA – Di tengah pandemi Covid-19 saat ini, PT Bank Negara Indonesia (BNI) (Persero) Tbk bekerjasama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) serta Yayasan BUMN melaunching Mobile Laboratory Bio Safety Level (BSL)-2 yang dibuat anak negeri.

BSL-2 tersebut merupakan laboratorium bergerak untuk pemeriksaan Covid-19 yang pertama di Indonesia.

Mobile Laboratory BSL-2 diklaim memiliki kapasitas pemeriksaan swab sekitar 120 spesimen per 12 jam, dan dilengkapi dengan 2 swab chamber, sehingga sampel Covid-19 bisa langsung dianalisis tanpa harus mengirimkan sampel ke pusat.

Mobile Laboratory BSL-2 telah diresmikan dan diserahkan pada hari ini, Selasa (3/11/2020), dan akan beroperasi di Rumah Sakit Pertamina Plaju Palembang melalui PT Pertamina Bina Medika-IHC (Pertamdeika-IHC).

Peresmian tersebut dihadiri oleh Kadinkes Kota Palembang dr. Letizia, Sunarna Eka Nugraha selaku Pemimpin BNI Wilayah Palembang, Ahmad Aulia selaku SMOM GM Pertamina RU III, dr. Fathema Djan Rachmat yang merupakan Dirut Pertamedika, dan Dirut RS Pertamina Plaju dr.Christine Shopie Tangkere, Mars.

Walikota Palembang Harnojoyo diwakili dr. Letizia mengatakan, Alhamdulillah atas bantuan dari BNI sudah memberikan alat PCR yang akan membantu masyarakat yang terinfeksi Covid-19.

Sementara Sunarna Eka memberikan apresiasi kepada Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bersama Task Force Riset & Inovasi Teknologi, untuk penanganan Covid-19 menunjukan peran pentingnya dengan mengembangkan inovasi membangun Mobile Laboratory BSL-2, yang mana bisa memudahkan pemeriksaan Covid-19 agar lebih cepat, akurat dan menjangkau berbagai daerah.

“Penyediaan fasilitas ini sebagai upaya BNI ambil bagian membantu masyarakat yang terdampak corona. Ini juga bentuk BNI menjadi bagian dari semangat BUMN perangi Covid-19. Fasilitas ini diserahkan kepada Pertamedika sebagai laboratorium pemeriksaan Covid-19 pertama di Indonesia yang fleksibel dan dapat berpindah-pindah tempat,” katanya. (Ana)

Bagaimana Menurut Anda