Minim Sarana Pendukung, Pengoperasian Hibah Kendaraan Damkar Tubaba Kurang Maksimal

52

TUBABA-LAMPUNG, BERITAANDA – Minimnya sarana pendukung, kendaraan operasional hibah luar negeri milik Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Tulang Bawang Barat [Tubaba] kurang maksimal.

“Saat ini, Kabupaten Tulang Bawang Barat memiliki dua unit kendaraan dinas pemadam kebakaran yang usianya diperkirakan sudah tidak layak,” jelas Evan selaku Sub Direktorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri saat nelakukan monitoring dan evaluasi Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Tulang Bawang Barat, Kamis (25/3).

“Sekarang ini tujuan kita monitoring dan evaluasi bagaimana kendaraan ini di daerah, apakah bisa dimanfaatkan dengan baik, apakah dioperasionalkan, dan apakah ada kendala dalam penggunaannya,” tambah Evan.

Menurutnya, kelebihan dari kendaraan hibah tersebut adalah umur penggunaan dari kendaraan yang dimiliki kabupaten, namun untuk memaksimalkan pengoperasian kendaraan dinas operasional pemadam kebakaran (damkar) hibah luar negeri tersebut mesti d dukung dengan pemadam yang memiliki tanki.

“Kelebihannya, mobil-mobil yang dimiliki Tubaba relatif sudah tua, kalau mobil ini dari Jepang itu dari sisi usianya, juga sebetulnya tidak terlalu tua,” papar Evan.

Sementara, Apriyansyah selaku Kepala Dinas (Kadis) Pemadam Kebakaran Kabupaten Tulang Bawang Barat menuturkan, adanya kendaraan dinas operasional dan hibah dari luar negeri tersebut diharapkan mampu menunjang kinerja dari instansi damkar. Namun, keterbatasan sehingga kinerja dari Damkar Tubaba saat ini dinilai masih membutuhkan perhatian khusus.

“Kalau harapan saya dengan berkunjungnya Pak Evan ke Tubaba, artinya beliau turun langsung dan melihat keadaan, kondisi riil kita di Tubaba. Seperti yang dia bilang, mobil kita sudah tua semua, tapi bukan berarti kita dengan keterbatasan alat mobil tua, kita tidak bisa bekerja melakukan standar pelayanan, minimal kepada masyarakat,” ujar Apriyansyah.

Selanjutnya, kalau ada bantuan kami berharap kalau bisa mobil kendaraan pemadam yang biasa, karena masih banyak berbagai kendala, medan jalan, jarak tempuh, situasi dan kondisi.

“Hingga saat ini hibah kendaraan damkar hibah luar negeri tersebut masih terkendala administrasi,” pungkas dia. (Medi)

Bagaimana Menurut Anda