Meski Terbatas Fisik, Gadis Ini Bisa Torehkan Prestasi di Peparprov III Sumsel, Siapa Dia?

136
Eryani, gadis penyandang disabilitas yang merraih medali emas dalam Peparprov III Sumsel di OKU Raya.

INDRALAYA-OI, BERITAANDA – Namanya Eryani atau akrab disapa Yani. Gadis berusia 24 tahun yang merupakan putri dari almarhum Samhudi asal Desa Tebedak I Kecamatan Payaraman Kabupaten Ogan Ilir ini, menjadi perbincangan hangat di desanya.

Pasalnya, gadis yang tinggal dengan ibunya tersebut, menorehkan prestasi yang cukup membanggakan Kabupaten Ogan Ilir, khususnya desa tempat tinggalnya.

Meski dengan keterbatasan fisik (disabilitas), pada ajang Paralympic Provinsi (Peparprov) III Sumsel yang digelar di Ogan Komering Ulu (OKU) Raya pada 4- 11 Desember 2021 lalu, Eryani sukses meraih dua medali emas di cabang olahraga lari 200 dan 100 meter. Kemudian mendapat lagi satu medali perunggu dari cabor badminton.

Eryani menunjukkan medali yang ia dapatkan dalam ajang itu.

Tentu saja prestasi membanggakan ini patut diapresiasi, bahkan beberapa waktu lalu kontingen National Paralympic Comite Indonesia (NPCI) Kabupaten Ogan Ilir, yang mana didalamnya ia tergabung, sangat disambut hangat oleh orang nomor satu di Bumi Caram Seguguk, Bupati Panca Wijaya Akbar.

Bahkan tak hanya sambutan hangat dan rasa bangga atas kemenangan yang dibawa oleh kontingen ke Bumi Caram Seguguk, Bupati OI juga memberikan apresiasi berupa uang tunai puluhan juta kepada kontingen tersebut sebagai bonus.

Eryani sendiri dikenal di kampungya sebagai gadis yang periang dan juga mudah bergaul. Meski dalam keterbatasan fisik yang dialaminya, tak membuat gadis yang telah sejak kecil ditinggal wafat bapaknya ini, merasa kecil hati ataupun minder.

Oleh Bupati OI Panca Wijaya Akbar, kontingen NPCI Ogan Ilir diajak foto bersama pada kepulangan mereka di Bumi Caram Seguguk.

Selain berprestasi di dunia olahraga, ternyata gadis yang murah senyum tersebut juga pandai menjahit pakaian. Adapun kepandaian menjahit yang ia miliki itu, didapatkan saat mengikuti pelatihan dari Dinas Ogan Ilir beberapa tahun silam.

Kini, kediaman Eryani dan keluarganya pasca ia meraih prestasi tersebut, sering kedatangan warga setempat, yang sengaja datang mengucapkan selamat dan rasa bahagia atas raihan prestasi yang didapat Eryani. (Adie)

Bagaimana Menurut Anda