Masyarakat Sidimpuan Antusias Ikuti Vaksinasi Massal Covid-19

187
Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution dan Kapolres AKBP Juliani Prihartini saat foto bersama dengan sejumlah warga yang mengikuti vaksinasi Covid-19.

PADANGSIDIMPUAN-SUMUT, BERITAANDA – Masyarakat Padangsidimpuan antusias mengikuti program vaksinasi Covid-19 yang digelar secara massal oleh Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 setempat, Selasa (25/5).

Pelaksanaan vaksinasi yang dipusatkan di aula Yayasan Perguruan Sariputra Kelurahan Sadabuan ini menyasar warga lanjut usia (lansia). Meliputi tokoh agama, tokoh masyarakat, tenaga pengajar SD-SMP, dan pelaku usaha.

Tim vaksinator melibatkan tenaga kesehatan dari RSUD Kota Padangsidimpuan, Klinik Polres setempat, RS TNI AD, berikut 10 Puskesmas yang ada di bawah naungan Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Padangsidimpuan.

Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution pada saat membuka acara mengatakan, pelaksanaan vaksin massal ini merupakan ikhtiar pemerintah menekan laju sekaligus memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Program vaksinasi ini kita harapkan dapat menciptakan kekebalan tubuh terhadap serangan ataupun penularan Covid-19. Dan, perlu kita garisbawahi bahwa vaksin yang digunakan ini aman dan terserfikasi halal,” ujar walikota.

Ia pun mendorong masyarakat untuk tidak takut apalagi mencurigai adanya iktikad buruk dari penyuntikan dosis vaksin Covid-19 tersebut. Karena sejatinya, sangat tidak mungkin bagi pemerintah mencelakai rakyatnya sendiri.

Lebih kurang setahun pandemi Covid-19 melanda dunia termasuk Indonesia, khususnya Kota Padangsidimpuan, kata walikota, sepatutnya sudah bisa dijadikan sebagai pembelajaran, butuh kebersamaan untuk mengakhirinya.

“Artinya, pemerintah tak bisa berjalan sendiri menghalau serangan Covid-19, tanpa keterlibatan segenap pihak di dalamnya. Termasuk masyarakat, perannya sangat ikut menentukan penetralisiran situasi pandemi ini,” ujarnya.

Kepada peserta vaksinasi, Walikota Irsan mengucapkan terimakasih telah bersedia divaksin secara sukarela, dan meminta sepulangnya nanti agar mengedukasi keluarga di rumah dan orang sekitar tentang pentingnya vaksinasi.

“Pun demikian, jangan karena sudah divaksin bapak-ibu menjadi lalai. Tetap patuhi protokol kesehatan (prokes) seperti memakai masker, cuci tangan, jaga jarak, hindari kerumunan, dan batasi mobilisasi interaksi,” pesannya.

Kapolres Padangsidimpuan AKBP Juliani Prihartini yang memonitor jalannya vaksinasi bersama Wali Kota sejak pagi hingga jelang sore hari melihat, animo warga untuk mendapatkan vaksin cuma-cuma ini di luar ekspektasi.

“Minat masyarakat untuk mengikuti vaksinasi sungguh di luar dugaan kita. Bahkan banyak warga yang tidak dapat terlayani karena kuota dosis vaksin sudah habis,” ungkap Kapolres, di sela kesibukannya menuntun para peserta.

Menurut Kadis Kesehatan Kota Padangsidimpuan Sopian Subri Lubis selaku ketua panitia, pihaknya menyediakan sebanyak 100 vial dosis pada vaksinasi massal tersebut. Vaksin yang digunakan adalah vaksin jenis Sinovac.

“Target sasaran kita dalam vaksinasinasi massal kali ini sebanyak 1.006 orang, dan itu sudah tercapai. Kekinian, kita sudah meminta penambahan kuota vaksin kepada Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara,” terangnya.

Karenanya, kepada masyarakat yang ingin divaksinasi agar segera mendaftarkan diri ke pemerintah di masing-masing wilayahnya. “Kita wujudkan masyakat yang sehat dan produktif dengan vaksinasi Covid-19,” tukas Sopian. [Anwar]

Bagaimana Menurut Anda