Marinir Adakan Turnamen Catur Nasional

240

BANDAR LAMPUNG, BERITAANDA – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Korps Marinir tahun 2019, Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Marinir Teluk Ratai menggelar turnamen catur tingkat nasional, Sabtu (23/11/2019).

Turnamen yang memperebutkan Piala Komandan Puslatpur Marinir 8 ini diikuti oleh ratusan peserta dari 13 provinsi yang ada di Indonesia.

Pembukaan turnamen catur nasional tersebut dibuka langsung oleh Komandan Puslatpur Marinir 8, Letkol Marinir Data, dan dihadiri Walikota Bandar Lampung Herman HN, Kapolda Lampung yang diwakili Kombes Pol Usman, Ketua KONI Kota Bandar Lampung Eva Dwiana Herman HN, Ketua Percasi Lampung, Kapolres Kabupaten Pesawaran dan beberapa pejabat lainnya.

Turnamen dilaksanakan di Golden Bistro Bandar Lampung, Sabtu (23/11/2019) sampai 24 November 2019. Tercatat total peserta yang mengikuti turnamen ini ada 287 peserta dari 13 provinsi yang mengirimkan atlet terbaiknya. Beberapa peserta ada yang sudah berstatus master dan grand master.

Para peserta lomba dibagi 4 kategori, mulai kategori umum, TNI/Polri, yunior umur 18 tahun, yunior umur 12 tahun. Dengan berbagai hadiah menarik bagi para juara, yaitu piala, piagam penghargaan, dan uang pembinaan.

Dalam sambutannya, Letkol Mar Data menyampaikan inti dari kegiatan turnamen ini yaitu Puslatpur Marinir 8 Teluk Ratai ingin ikut serta membantu Pemerintah Kota dan Provinsi Lampung serta seluruh atlet catur Indonesia untuk mencetak pecatur-pecatur yang handal dan bisa bersaing sampai ke tingkat internasional, serta melaksanakan perintah Komandan Korps Marinir sebagai pengabdian tinggi untuk NKRI, yaitu SDM unggul Indonesia maju.

“Saya menyampaikan terimakasih kepada pemerintah kota dan Ketua KONI yang sudah berkenan memberi wadah dalam memperingati HUT ke-74. Marinir ikut serta untuk memajukan Lampung. Begitu juga untuk peserta yang sudah datang dari berbagai provinsi,” ujar Letkol Mar Data.

Danpuslatpur 8 Mar juga berterimakasih atas antusias para atlet yang juga ikut berupaya memajukan cabang olahraga catur Indonesia.

Di akhir amanatnya, Danpuslatpur mengajak para atlet untuk bertanding dengan sunguh-sungguh secara sehat dengan menjunjung sportifitas.

Sementara, walikota bersama Ketua KONI Kota Bandar Lampung juga menyampaikan sambutannya dalam pembukaan turnamen itu.

“Mari kita gunakan momen ini untuk menciptakan atlet catur yang baru dari Provinsi Lampung yang mampu bersaing di tingkat nasional sampai ke tingkat internasional. Saya juga menyampaikan terimakasih kepada Komandan beserta seluruh prajurit Puslatpur Marinir 8 Teluk Ratai yang sudah bekenan mengambil bagian untuk memajukan olahraga catur di Provinsi Lampung,” kata Walikota Bandar Lampung Herman HN.

Selain membantu Pengprov Percasi Lampung dalam upaya pengembangan dan pembinaan, sasaran dari kegiatan ini juga untuk menjaring pecatur muda yang berbakat dan berpotensi untuk pembinaan lebih lanjut.

Para peserta turnamen berasal dari Provinsi Lampung, Kalteng, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bangka Belitung, Sumsel, DKI Jakarta, Jabar dan Banten. Kemudian Jateng, Jatim, Yogyakarta, Bengkulu dan Jambi.

Adapun, jumlah personel yang menggelar kegiatan ini mencapai 50 orang. Untuk peserta 287 orang dengan rincian umum 220 orang, TNI/Polri 22 orang, junior U-18 24 orang dan junior U-12 sebanyak 21 orang. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda