KPU Sekadau Verifikasi Administrasi dan Kegandaan Syarat Dukungan Perseorangan

221

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sekadau mulai memverifikasi administrasi dan kegandaan syarat dukungan perseorangan pemilihan bupati dan wakil bupati tahun 2020. Proses ini diawali oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sekadau.

“Proses ini bagian dari pelaksanaan tahapan penyelenggaraan pemilukada serentak pemilihan bupati – wakil bupati untuk bakal calon perseorangan yang telah menyerahkan syarat dukungan,” beber Ketua KPU Sekadau Drianus Saban S.Pd saat dikonfirmasi BERITAANDA, Senin (2/3/2020), di kantornya.

Verifikasi administrasi dan kegandaan dukungan masyarakat yang diserahkan bakal calon perseorangan kepada KPU Sekadau akan dilaksanakan sampai tanggal 25 Maret 2020.

Sejumlah petugas ke Sekretariatan KPU Sekadau tampak sibuk melakukan verifikasi. Pekerjaan mereka dipantau langsung ketua, komisioner dan staf Bawaslu Sekadau.

“Jika didapati adanya dukungan ganda atau tidak lengkapnya administrasi dukungan, maka akan dilakukan pencatatan dengan kategori tidak memenuhi syarat (TMS) dan yang memenuhi syarat (MS),” papar Saban.

Selanjutnya berdasarkan ketentuan, kata dia lagi, jika syarat dukungan dinyatakan jumlah MS kurang dari ketentuan minimal syarat dukungan, maka akan dilakukan perbaikan syarat dukungan oleh bakal calon perseorangan.

“Tapi jumlah perbaikan harus dua kali lebih banyak dari jumlah yang dinyatakan TMS,” tegas Saban.

Setelah proses verifikasi ini, selanjutnya akan dilakukan faktual oleh petugas KPU kepada masyarakat yang memberikan dukungan kepada calon perseorangan.

Diketahui, balon perseorangan yang telah menyerahkan syarat dukungan kepada KPU Sekadau adalah pasangan Abdul Hamid – Dr.Yovinus M.Si yang mengusung jargon AYO pada 19 Februari 2020 lalu. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda