16 Desa di 4 Kecamatan Sekadau Kurang Kuota Pendaftar Calon PPS

293
Komisioner KPU Sekadau Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (SDM) Gita Rantau S.Sos. (BERITAANDA)

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Meski telah dilakukan perpanjangan tahapan rekrutmen badan adhoc penyelenggara pemilu di tingkat Panitia Pemilihan Desa (PPS), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sekadau menyatakan masih kekurangan bakal calon pendaftar PPS di 16 desa dalam 4 kecamatan. Hal ini mendorong KPU mengambil langkah alternatif lain.

“Kami menyurati lembaga profesi untuk merekomendasikan anggota lembaganya mendaftar sebagai calon PPS untuk mencukupi kuota minimal perekrutan,” ungkap Gita Rantau S.Sos selaku Komisioner KPU Sekadau Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (SDM) saat dikonfirmasi BERITAANDA, Senin (2/3/2020), di Kantor KPU setempat.

Lembaga profesi yang disurati KPU antara lain Dinas Pendidikan Kabupaten Sekadau, Dinas Pendidikan Cabang Kecamatan, PGRI, Dinas Pemberdayaan dan Pemerintahan Desa Kabupaten Sekadau, serta kepala desa.

Dari masing – masing instansi ini, selanjutnya akan membuat rekomendasi untuk calon PPS yang berasal dari instansi masing – masing di desa yang masih kekurangan kuota calon pendaftar PPS.

Berdasarkan peraturan kuota, minimal jumlah pendaftar bakal calon PPS di setiap desa sebanyak 6 pendaftar.

“Baru dilaksanakan seleksi tertulis dan wawancara, sesuai dengan kebutuhan akan direkrut sebanyak 6  petugas PPS di setiap desa,” sambung Gita.

Untuk pembukaan pendaftaran calon anggota PPS Kabupaten Sekadau sudah dibuka sejak 18-24 Februari 2020, dilanjutkan dengan perpanjangan masa pendaftaran pada 25-27 Februari 2020.

“Calon PPS yang mendaftar berdasarkan rekomendasi lembaga profesi nantinya akan dipermudah dengan tidak adanya kewajiban mengukuti tes tertulis, dan langsung mengukuti tes wawancara. Tapi, berkas syarat ketentuan dan lamaran sebagai pendaftar calon PPS tetap harus dibuat dan diserahkan kepada KPU,” tegas Gita.

Adapun kecamatan dan desa yang masih kekurangan pendaftar calon PPS antara lain, Kecamatan Sekadau Hulu Desa Nanga Mantrab kurang 1 pendaftar, Kecamatan Belitang Hilir Desa Kumpang Bis kurang 1 pendaftar, Desa Empajak kurang 2 pendaftar, Desa Merbang kurang 1 pendaftar, Desa Entabuk kurang 1 pendaftar, serta Desa Tapang Pulau kurang 1 pendaftar.

Sedangkan di Kecamatan Belitang Hulu terdapat 8 desa, yakni Desa Tabuk Hulu kurang 1 pendaftar, Desa Batuk Mulau kurang 1 pendaftar, Desa Sui Tapah kurang 3 pendaftar, Desa Sebetung kurang 1 pendaftar, Desa Pakit Mulau kurang 3 pendaftar, Desa Terduk Dampak kurang 3 pendaftar, Desa Suivantu Ulu kurang 1 pendaftar dan Desa Bukit Rambat kurang 1 pendaftar.

Kemudian Kecamatan Belitang terdapat 2 desa, yakni Desa Menua Prama kurang 1 pendaftar dan Desa  Nanga Ansar kurang 1 pendaftar. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda